Lulusan Kampus Didorong Dapat Menangkap Peluang Era Revolusi Industri 4.0

PURWOREJO, SM Network – Para mahasiswa yang telah lulus menempuh pendidikan di perguruan tinggi diharapkan dapat menangkap peluang berwirausaha yang semakin lebar seiring datangnya era revolusi industri 4.0.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Dr Rofiq Nurhadi MAg, saat memimpin Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Ke-62 Tahun 2020 di kampus setempat, Selasa (8/9).

Rofiq Nurhadi mengatakan bahwa saat ini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana salah satu peluang besar yang semakin terbuka lebar seiring datangnya era revolusi industri 4.0 ini adalah peluang berwirausaha. Fasilitas internet dan jaringan komunikasi yang semakin terbuka, memberi kesempatan untuk mengakses pasar di seluruh dunia, tanpa batasan negara, bahkan tanpa memerlukan modal ratusan juta. Yang dibutuhkan hanya niat dan nyali untuk mencoba.

“Kami berharap, para lulusan Universitas Muhammadiyah Purworejo, dapat menangkap peluang ini, dengan modal apa yang telah didapat selama pendidikan, untuk berkreasi dan berinovasi, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru,” katanya.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, prosesi wisuda dilaksanakan dengan sistem drive thru selama dua hari, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Rofiq menuturkan, wisuda sarjana ke-62 ini sedianya akan dilaksanakan pada April 2020 lalu. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 sehingga harus diurungkan demi kebaikan bersama. Sejumlah imbauan juga dikeluarkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona ini meluas.

“Oleh sebab itu, kami dengan berat hati mengambil keputusan penundaan wisuda di bulan April 2020, dan alhamdulillah dapat kita laksanakan dalam dua hari ini, tanggal 8 dan 9 September 2020 dengan sistem “Drive Thru”. Hal itu semata-mata kami lakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Wisuda Sarjana ke-62 kali ini, berhasil meluluskan 220 wisudawan yang terdiri dari 130 perempuan dan 90 laki-laki. Mereka berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Prodi Manajemen, Prodi Agribisnis, Prodi Peternakan, Prodi Teknik Sipil, dan Prodi Psikologi.

“Kepada para wisudawan, atas nama Universitas Muhammadiyah Purworejo, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara-saudara menyelesaikan pendidikan di Universitas tercinta ini. Secara khusus, kami ucapkan selamat kepada wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude, wisudawan terbaik, dan wisudawan yang lulus dengan usia termuda,” tuturnya.

Wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 6 mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2 mahasiswa, Prodi Pendidikan Ekonomi 4 mahasiswa, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif 8 mahasiswa, dan Prodi Agribisnis 3 mahasiswa.

Salah satu wisudawan, Tria Asrining Siang dari Prodi Manajemen mengaku sebenarnya kurang puas dengan pelaksanaan wisuda secara drive thru. Namun ia memaklumi karena harus mengikuti protokol kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Karena mengikuti protokol kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19, kita nggak papa, memaklumi, dan yang penting terlaksana wisudanya. Harapannya semoga covid segera berakhir, jadi wisuda periode berikutnya bisa terlaksana seperti biasanya di auditorium,” imbuhnya.

6 Komentar

  1. 610266 411874This internet web site is my aspiration, quite excellent style and style and Perfect subject matter. 600738

  2. 256885 460075As I web site possessor I believe the content material matter here is rattling fantastic , appreciate it for your efforts. You should maintain it up forever! Greatest of luck. 421153

  3. 955281 537442excellent issues altogether, you basically gained a new reader. What could you recommend about your post that you created some days in the past? Any positive? 496653

  4. 302025 584240This internet internet site is my aspiration, quite outstanding design and Perfect articles. 206506

  5. 768013 433148Your blog is showing far more interest and enthusiasm. Thank you so significantly. 936878

  6. 636389 444085If running proves to be a dilemma then it may possibly be wise to locate alternative exercises such as circuit training, weight training, swimming or cycling. 681256

Tinggalkan Balasan