Longsor, Jalan Antar Desa Terputus

MUNGKID, SM Network – Hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur sejak sore hingga malam hari, menyebabkan tanah longsor di dua titik di wilayah Kecamatan Windusari. Bencana tersebut menyebabkan terputusnya akses jalan penghubung Desa Windusari – Gondangrejo, Kamis (3/12).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan hal tersebut. Dirinya mengatakan bahwa lokasi bencana terdapat pada Dusun Jeketro, Desa Windusari, Kecamatan Windusari.
“Tanah longsor terjadi pada dini hari, sekitar pukul 01.00, hal terus disebabkan hujan yang terjadi sejak pukul 14.30 hingga malam hari,” jelas Edy.

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh saluran drainase di samping jalan tidak mampu menampung debit air. “Karena tidak dapat menampung debit air, air menggerus dan mengikis tanah di bawah jalan. Akibatnya Jalan Penghubung Desa Windusari – Gondangrejo terputus total,” paparnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan assesment oleh TRC Kecamatan Windusari dan FPRB Lembing. Serta pemberian rambu tanda darurat di kedua sisi ujung jalan.

Sementara itu longsor juga terjadi di wilayah yang sama, yakni di Dusun Jeketro, Desa Windusari, Kecamatan Windusari pada Rabu (2/12) Pukul 18.00.

Hal tersebut mengakibatkan satu rumah rusak di bagian dapur milik Bapak Suwanto, yang dihuni dua Kepala Keluarga (KK) dengan 7 orang di dalamnya.

“Selain bencana longaor yang telah saya jelaskan tadi, longsor juga terjadi di wilayah yang sama menyebabkan talud rumah milik Bp Suwanto longsor sehingga mengakibatkan rumah bagian dapur milik Bapak Suwanto roboh,” kata Edy.

Mengetahui hal tersebut, pihaknya segera melakukan assesment oleh TRC Kecamatan Windusari dan juga melakukan koordinasi dengan Pemdes.

“Hari ini kami melakukan kerja bakti, dengan mengerahkan kurang lebih sebanyak 50 personil,” imbuhnya.
Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati hati terutama bagi warga yang bermukim di dataran tinggi serta rawan longsor.

Tinggalkan Balasan