Longsor di Kalijering, Tujuh Rumah dan Lima Motor Tertimbun

KEBUMEN, SM Network – Akibat tanah longsor yang terjadi di Dukuh Krajan, Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kebumen Selasa (9/2) pukul 18.30, tujuh rumah warga rata dengan tanah.  Sejumlah barang berharga milik warga juga turut tertimbun longsor.

Sebanyak lima unit sepeda motor turut tertimbun. Dua unit di antaranya sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar)  BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto menjelaskan, lahan milik warga tertimpa tanah longsor setinggi 0-5 meter. Beberapa pohon roboh milik warga roboh tertimpa material longsor. Kerusakan akibat tanah longsor ditaksir Rp 1,255 miliar. 

Sedangkan kerugian sekitar Rp. 530 juta. “Terdapat 19 rumah rawan sedang diajukan bantuan rumah sistem panel instan (Ruspin) untuk relokasi. Saat ini sedang menunggu kajian dari LIPI Karangsambung,” ujar Teguh Kristiyanto.

Sebanyak 52 keluarga terdiri atas 121 jiwa yang terdampak tanah longsor di Dukuh Krajan RT 1 RW 2, Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kebumen sampai Minggu (14/2) masih mengungsi. Jumlah itu dengan rincian 100 orang dewasa, 17 anak-anak dan empat orang balita.

Dapur Umum

Guna membantu warga yang terdampak bencana Pemkab Kebumen masih mendirikan dapur umum. Dapur umum untuk sehari ini memasak nasi 730 bungkus. Total pengoperasian dapur umum telah memasak nasi 3.800 bungkus. Selain dari dapur umum, bantuan nasi juga datang dari warga perantau Desa Kalijering sebanyak 150 bungkus.

“Pengopersian dapur umum masih berlanjut sampai hari yang belum bisa ditentukan mengingat masih adanya pengungsi di Desa Kalijering,” ujarnya.

Teguh menyampaikan bahwa sampai saat ini tiga orang korban yang tertimbun longsoran sudah ditemukan. Seluruhnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Korban ketiga atas nama Jemarun (48) ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Minggu (14/2) pukul 09.00 Wib. Jasad korban ditemukan 100 meter ke arah bawah dari rumah korban.

Selanjutnya jasad korban diserahkan ke pihak keluarga dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kalijering. Selain menemukan jasad korban, tim SAR juga menemukan dua unit sepeda motor milik warga di 400 meter dari titik lokasi longsor. Masih ada tiga unit sepeda motor dinyatakan hilang tertimbun tanah longsor.

Tinggalkan Balasan