Lobi Arab Saudi Upayakan Umroh dan Haji

TEMANGGUNG, SM Network – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), saat ini tengah mengupayakan agar dalam waktu dekat umat muslim di tanah air bisa kembali menunaikan ibadah umroh dan haji ke tanah suci Mekah.

Saat ini sudah mulai dibuka komunikasi atau lobi-lobi dengan pemerintah Arab Saudi. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, upaya tersebut telah dilakukan oleh pemerintah RI dengan melakukan komunikasi kepada pemerintah Arab Saudi.

Dia berharap usaha tersebut bisa membuahkan hasil agar umat Islam dari Indonesia bisa kembali menjalankan ibadah umroh dan haji yang sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19. “Kami kemarin melakukan komunikasi dengan Konjen Haji di tanah suci, kebetulan sedang melakukan rapat dengan Wakil Menteri Haji. Salah satunya memang dibicarakan beberapa kemungkinan-kemungkinan untuk dibukanya pelaksanaan ibadah umrah dan juga persiapan haji taun depan,”ujarnya usai memberikan pembinaan kepada ratusan ASN Kemenag di MAN Temanggung, Sabtu (5/9).

Meski sudah ada lampu hijau namun untuk kepastian waktunya belum bisa ditentukan. Harapannya di awal bulan Oktober 2020 sudah ada informasi yang mendekati pasti. Pemerintah Arab Saudi saat ini masih melakukan evaluasi dan pengkajian, bagaimana mekanisme dibukanya kembali umrah dan haji namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Memang ada pembatasan-pembatasan negara yang boleh dan tidak boleh. Sesuai informasi yang saya dapat disamping penerapan protokol kesehatan secara ketat, negara yang memberangkatkan itu harus masuk kategori aman dari Covid-19.

Indonesia sendiri sekarang sedang naik-naiknya. Ini yang tentunya saya kira perlu lakukan langkah-langkah agar wabah Covid-19 bisa cepat reda, agar segera bisa mengikuti pelaksanaan ibadah umrah dan haji,”katanya.

Tinggalkan Balasan