Lions Club Magelang Bagikan Face Shield ke Pedagang TVJ

MAGELANG, SM Network – Peduli dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Lions Club Magelang Borobudur Host menyerahkan ratusan face shield dan masker kepada pedagang pusat kuliner Tuin Van Java (TVJ) Alun-alun Kota Magelang. Alat pelindung diri ini wajib dikenakan pedagang saat melayani pembeli.

Bantuan diserahkan Presiden Lions Club Magelang Borobudur Host, C Tuti Ibawardani kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo di area TVJ, Selasa (14/7). Langsung diserahkan pula ke Ketua Paguyuban Kuliner TVJ, Giarto.

Sejumlah anggota klub juga langsung menyerahkan face shield dan masker ini ke beberapa pedagang. Para pedagang mengenakan kedua alat pelindung diri ini saat melayani pembeli yang sudah cukup ramai. “Ini wujud kepedulian kami terhadap pedagang kuliner di TVJ. Setiap hari mereka berhadapan dengan pelanggan, yang otomatis perlu sekali pelindung diri. Setidaknya face shield dan masker ini mampu melindungi mereka dari paparan Covid-19,” ujar Tuti di sela kegiatan.

Dia menuturkan, jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 152 face shield dan 165 masker. Jumlah ini lebih banyak dari total jumlah pedagang kuliner TVJ sebanyak 150 pedagang baik shift siang maupun shift malam. “Kami terbentuk Oktober 2019 lalu. Sudah banyak kegiatan sosial yang kami lakukan baik di Kota maupun Kabupaten Magelang. Spesial, hari ini merupakan kegiatan pertama kita di periode 2020/2021. Fokus kegiatan kita memang ke aksi sosial,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo mengaku, pihaknya menyambut baik adanya bantuan alat pelindung diri bagi pedagang kuliner TVJ ini. Alat ini diharap mampu memberi kenyamanan lebih bagi para pedagang di masa pandemi Covid-19 ini. “Saya tekankan kepada para pedagang untuk selalu memakai masker dan face shield ini ketika berjualan. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, apalagi Kota Magelang saat ini termasuk zona hijau,” jelasnya didampingi Kabid Perdagangan, Vivi Eri Setyowati.

Dia menyebutkan, pusat kuliner TVJ ini bisa menjadi percontohan bagi pusat kuliner lainnya di Kota Sejuta Bunga. Ia pun berharap Lions Club Magelang Borobudur Host bisa membantu pusat kuliner lainnya baik masker, face shield, maupun lainnya. “Syukur-syukur dibantu juga sembako, karena mereka juga ikut terdampak adanya pandemi Covid-19 ini. Kami tak henti-hentinya sosialisasi upaya pencegahan penyebaran virus ini dengan pedagang selalu pakai masker, face shield, cuci tangan pakai sabut, dan jaga jarak,” paparnya.

Senada disampaikan Ketua Paguyuban Kuliner TVJ Alun-alun, Giarto bahwa, adanya bantuan ini setidaknya mampu mencegah penyebaran Covid-19. Pihaknya juga tidak menginginkan pusat kuliner menjadi salah satu tempat penyebaran virus tersebut. “Saya tekankan ke anggota untuk patuhi protokol kesehatan, di antaranya memakai masker dan face shield ini. Kami tentu sangat terbantu dengan bantuan ini, karena sebelumnya sama sekali tidak punya face shield,” ungkapnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan