Lengangnya Terminal Bus Terbesar di DIY

SM Network – Berdasarkan pantauan Suara Merdeka, pada Jumat (15/5), suasana terminal yang berlokasi di Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini sangat lengang. Tampak hanya 1 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan beberapa bus Transjogja yang parkir, dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Wates dan Bantul.

Tampak ada penumpang yang tengah duduk menunggu keberangkatan bus di jalur AKAP. Ketika ditanya penumpang yang masih berusia remaja tersebut hendak bepergian ke Magelang, Jawa tengah. “saya sudah menunggu bus hampir 2 jam tidak datang-datang” ujar Nico.

SM/Dananjoyo

Meski sepi, beberapa kios khususnya penjual makananan dan minuman masih ada yang buka. Selain itu, beberapa agen bus juga tetap membuka layanan namun sebagian besar memilih tutup. Menuju ke arah pintu kedatangan, didapati dua orang anggota TNI dan seorang petugas Dinas Perhubungan yang tengah duduk menunggu kedatangan bus di area pemeriksaan suhu tubuh dan pendataan para penumpang.

Menurut petugas Dishub yang berjaga, semenjak adanya pandemi covid ini penumpang turun bisa dihitung dengan hitungan jari. “hari kemarin hanya 14 penumpang yang turun di Terminal Giwangan dari pagi hingga jam 15 sore” ujarnya.

Bagian Informasi Terminal Tipe A Giwangan, Yogyakarta, Etri Widarti mengatakan, bahwa keluarnya kebijakan Menteri Perhubungan untuk membuka keran operasi kendaraan umum tidak berdampak signifikan pada situasi Terminal Giwangan. “untuk hari ini masih sepi, benar-benar sepi,” katanya.

Menurutnya sepinya penumpang juga dibarengi dengan sedikitnya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berangkat dari Terminal. Menurut pengamatan baru bus jurusan Solo-Yogya dan Yogya-Semarang yang melayani perjalanan AKAP itupun jedanya kedatangan sekitar satu jam sekali.


SM/Dananjoyo

Tinggalkan Balasan