Lebih dari 40 Ribu Tiket Perjalanan Kereta Api Dibatalkan

YOGYAKARTA, SM Network- Sudah lebih dari 40 ribu lembar tiket perjalanan dengan menggunakan kereta api dibatalkan menyusul masih berlangsungnya pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua bulan ini. Adapun sebanyak tiga calon penumpang diberangkatkan dari Stasiun Tugu Yogyakarta pada hari pertama PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kembali beberapa perjalanan kereta api mereka usai turunya Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan terkait dibukanya kembali transportasi umum di tengah wabah Korona.

“Sepanjang April lalu sudah 28 ribu tiket perjalanan yang dibatalkan lalu hingga akhir pekan lalu (9/5) saja sudah 14 ribu tiket yang dibatalkan. Jadi totalnya kalau sampai hari ini sudah 40 ribu tiket perjalanan di-cancel,” tutur Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Selasa (12/5).

Menurut Eko, rata-rata tiket kereta api yang dibatalkan adalah tiket yang awalnya masuk dalam masa Angkutan Lebaran 2020 baik itu saat arus mudik maupun balik. Atas dasar itu, pihaknya juga menetapkan kebijakan untuk pengembalian uang tiket yang menggunakan Kereta Lebaran akan dikembalikan 100 persen dalam rentang waktu paling lambat tiga hari sejak pengajuan pembatalan tiket.

“Sampai saat ini kami masih terus melayani pembatalan tiket. Pembatalan tiket perjalanan hingga 31 Mei itu juga kami bayarkan langsung secara tunai kepada konsumen, namun jika di atas tanggal 4 Juni maka pengembalian uang tiket masih harus menunggu 40 hari dan sudah dipotong 25 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut Eko menambahkan pihaknya juga sudah mendirikan posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Stasiun Tugu Jogja dan Stasiun Solobalapan. Pendirian dua posko itu sebagai tindak lanjut SE Menteri Perhubungan dan SE Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Sejumlah personel gabungan mulai dari Daop 6, TNI-Polri, Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 daerah setempat ditempatkan di posko tersebut. Pemeriksaan ketat juga dilakukan kepada warga yang akan berangkat.

“Sampai pagi ini sudah ada 3 calon penumpang yang diperbolehkan berangkat karena sudah memenuhi persyaratan untuk menggunakan Kereta Luar Biasa. Mereka berangkat ke Bandung, Jakarta dan ini masih menunggu kereta yang berangkat menuju Surabaya,” jelasnya.

Terpisah, Puji Hartono (57), salah satu calon penumpang yang membatalkan tiket perjalananan kereta apinya mengaku sudah meng-cancel 8 tiket pulang pergi ke Jakarta.

“Sudah 8 tiket PP saya cancel, diganti penuh 100 persen. Saya memang sering pulang pergi ke Jakarta,” tandas pria yang bekerja sebagai distributor obat itu.


Gading Persada

2 Komentar

  1. 830192 2820Was koche ich heute – diese Frage stellen sich tag fuer tag viele Menschen. Und wir haben tag fuer tag die perfeckte Antwort darauf! Besuchen Sie uns auf unserer Webseite und lassen Sie sich von uns beraten . Wir freuen uns auf Sie! 494600

  2. 994439 943802Pretty! This was a genuinely great post. Thank you for your provided data. cool desktop 736511

Tinggalkan Balasan