Lebih Baik Tidak Mudik

YOGYAKARTA, SM Network – Muhammadiyah minta masyarakat di perantauan tidak pulang kampung saat Lebaran seperti kebiasaan selama ini. Hal tersebut sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus korona.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan mudik dalam keadaan normal sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia dan sesuatu yang sangat positif. Lewat mudik dijalin silaturahim, merekat kekeluargaan dan kekerabatan serta merawat hubungan sosial dengan lingkungan setempat.

”Tetapi ketika sekarang sedang berada dalam suasana musibah besar yakni wabah Covid-19, maka mudik perlu menjadi pertimbangan untuk tidak dilakukan,” tandas Haedar. Ia menjelaskan kegiatan-kegiatan keagamaan saja dibatasi sedemikan rupa sesuai dengan hukum syariat.

Mudik pun tentu saja sebagai kegiatan sosial dapat dihentikan atau tidak dilaksanakan. Dalam suasana seperti ini, ia berharap umat mengedepankan prinsip dalam agama ”La Dharara wa Laa Dhirara”, jangan melakukan sesuatu yang menimbulkan kemudharatan atau kerugian diri sendiri dan keluarga, juga menimbulkan kerugian dan kemudharatan bagi orang banyak.

”Saatnya kita sekarang mencoba untuk mengerem semua kegiatan termasuk mudik. Mudik bisa diganti di waktu lain saat sudah keluar dari musibah ini. Insya’Allah akan ada manfaatnya,” tandas Haedar. Ia berharap pemerintah berada dalam satu langkah dan kebijakan yang sama.

Ketika organisasi-organisasi keagamaan khususnya di kalangan kaum muslimin diminta fatwanya untuk mudik dan berbagai kegiatan keagamaan, bahkan sebagian ada yang mengharamkan mudik, selayaknya pemerintah juga melakukan kebijakan yang sejalan.


Agung PW/Kim

1 Komentar

  1. 999637 948325Hey! Do you know if they make any plugins to assist with SEO? Im trying to get my blog to rank for some targeted keywords but Im not seeing really very good results. If you know of any please share. Thanks! 928172

Tinggalkan Balasan