Layanan SIM Malu, Perpanjangan SIM Lebih Hemat Waktu

PURWOREJO, SM Network – Program Layanan Terpadu di Swalayan Jodo Plaza yang diujicobakan Polres Purworejo sejak 10 Oktober 2020 lalu menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk mengakses berbagai layanan. Salah satu yang kian dikenal yakni layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Malam Minggu atau SIM Malu.

Dari pantauan Suara Merdeka menunjukkan, sejumlah warga tampak bergantian mengakses perpanjangan SIM A maupun SIM C di mobil SIM Keliling yang terparkir di halaman Jodo Plaza. Sebagian mereka mengaku, adanya layanan tersebut cukup membantu karena dapat dilakukan di luar jam sibuk kerja dan prosesnya sangat cepat. Selain itu, bisa sekalian berbelanja atau sekadar jalan-jalan.

“Kalau pagi sampai siang saya kan kerja, jadi mending sore seperti ini perpanjangan SIM-nya. Sambil jalan-jalan sore lebih santai waktunya, apalagi sini juga dekat lokasinya,” kata Slamet, warga Baledono usai melakukan perpanjangan SIM C.

Baur SIM Satlantas Polres Purworejo, Aiptu Tukul Puji Santoso menyebut SIM Malu merupakan program inovasi Satlantas Polres Purworejo untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada mayarakat. Perpanjangan SIM A dan C dapat dilakukan oleh pemohon mulai pukul 16.00 hingga 20.00 WIB.

“Antusias masyarakat bagus, sekali beroperasi kemarin rata-rata ada 30 sampai 40 pemohon. Namun, ini khusus untuk perpanjangan, untuk pembuatan SIM baru belum bisa,” sebutnya.

Selain SIM Malu, ada sejumlah layanan lainnya yang terpusat di lantai 2 Jodo Plaza, yakni Samsat Online, SKCK, dan Laporan Kehilangan atau Pengaduan. Sejumlah dokumen itu dapat diurus dalam waktu singkat.

“Kemudahan di sini adalah pelayanan satu atap dan prosesnya cepat. Loket tes psikologi, kesehatan, dan pembayaran BRI ada di lantai atas, lalu turun tinggal foto dan langsung jadi,” jelas Tukul.

Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Lelono Windi Bramantyo SKom, menerangkan bahwa layanan terpadu di Jodo Plaza masih dalam tahap uji coba untuk mengevaluasi kekurangan dan perbaikan diperlukan. Meski demikian, seluruh prosedur sudah diupayakan sesuai dengan standar pelayanan dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Untuk sementara memang masih untuk perpanjangan Sim A dan C saja. Karena untuk buat baru harus melewati uji praktik dan teori yang saat ini baru bisa dilaksanakan di Satlantas,” terangnya.

Selain layanan SIM Malu, Satlantas juga menjalankan pelayanan SIM Keliling Adaptasi Kebiasaan Baru di sejumlah lokasi, antara lain depan kantor-kantor kecamatan secara terjadwal. Layanan itu sekaligus menjadi upaya untuk mengurangi jumlah antrean pemohon di kantor Satlantas.

Tinggalkan Balasan