Lawan Pemuncak Klasemen di Kota Kembang

YOGYAKARTA, SM Network – Tim BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) memiliki jadwal pada Seri II Indonesia Basketball League (IBL) musim 2020 yang berlangsung di Bandung, Jumat-Minggu (17-19/1). Dua tim pun bakal menjadi lawan mereka dimana salah satunya adalah Pelita Jaya Jakarta yang saat ini berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara.


Menurut jadwal, melawan Pelita Jaya akan dilakukan pada hari ketiga, tepatnya Minggu (19/1). Sementara sehari sebelumnya (18/1), BPJ terlebih dahulu menghadapi Amartha Hangtuah. Amartha Hangtuah saat ini duduk di peringkat tiga klasemen sementara dengan nilai empat. Mereka membukukan satu kemenangan dan dua kalah di Seri I Semarang akhir pekan lalu. Meski menelan dua kali kekalahan, pelatih BPJ Roul Miguel ‘Eboss’ Hadinoto melihat tim yang kini berkandang di Jakarta itu tidak bisa diremehkan begitu saja.

Adapun Pelita Jaya kini bertengger di posisi teratas klasemen setelah sapu bersih seri pembuka. Mereka tengah disorot lantaran mampu mengalahkan Indonesia Patriots (Timnas). BPD DIY Bima Perkasa pun sempat bertemu dua tim itu kala uji coba di Jakarta sebelum tip off IBL. “Ada faktor kelelahan karena mereka main tiga kali di Semarang. Enggak bisa diremehkan tiap lawan, begitu juga Hangtuah. Makanya kami tadi coba simulasi melawan sistem mereka,” kata Eboss, kemarin.

SMN/dok – MASUKAN BOLA: Pemain BPD Bima Perkasa Jogja Devin Gilligan memasukkan bola ke dalam keranjang sembari melompat saat dalam pengawasan salah satu pemain Satria Muda Jakarta pada Seri I IBL di GOR Sahabat, Semarang.


Sepanjang sesi latihan sejak awal pekan ini, Frida Aris dan kolega melakukan simulasi defense dan offense untuk menghadapi Amartha Hangtuah dan Pelita Jaya di Seri II nanti. Eboss bersama asisten Moosa Permadi dan Risdiyanto Ruslan membagi tim jadi dua lalu bergantian melakukan simulasi defense seperti screening pemain dalam sistem pertahanan dilanjutkan simulasi serang. “Hasil evaluasi dari Seri I kelemahan yang masih terlihat adalah di defense, terutama di second rebound. Setiap latihan, kami coba perbaiki itu sekaligus simulasi sistem play lawan yang akan dihadapi besok di Seri II,” paparnya.


Terpisah, kapten BPD DIY Bima Perkasa, Frida Aris Susanto minta rekan-rekannya lekas melupakan kemenangan atas Satria Muda di Seri I lalu. Dia tak ingin tim larut dalam euforia panjang usai mengalahkan salah satu tim kuat itu. Selain itu Frida Aris juga minta rekan-rekannya fokus selama latihan persiapan karena pertandingan di Seri II bakal lebih ketat.
“Saya ingin tim fokus 100 persen. Kasih 100 persen juga dalam latihan. Kami harus konsisten terus, kemenangan kemarin dilupakan saja karena pertandingan pasti akan lebih ketat ke depannya,” tandasnya.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan