SM/dok MENGGELAR OPERASI : Tim gabungan Satpol PP dan Polres Sleman menggelar razia di sebuah kafe kawasan Depok, Sabtu (22/8) malam.


SLEMAN, SM Network – Tiap akhir pekan, petugas Satpol PP Sleman rutin menggelar operasi pemakaian masker. Meski sudah berulang kali dilaksanakan, masih saja dijumpai warga yang tidak patuh aturan.Seperti pada pelaksanaan operasi, Sabtu (22/8) malam kemarin, tim gabungan Satpol PP dan Polres Sleman mendapati dua kafe di Jalan Wahid Hasyim, Nologaten, Caturtunggal, Depok yang melanggar aturan protokol kesehatan.

Petugas pun akhirnya melayangkan surat peringatan kepada pengelola tempat usaha, yang masing-masing berinisial N dan BJ.”Selain melanggar ketentuan protokol kesehatan, tempat tersebut menyalahi aturan jam operasional usaha,” beber Plt Kepala Satpol PP Sleman Arif Pramana, Minggu (23/8).

Dia menjelaskan, temuan pelanggaran protokol kesehatan itu berupa tidak mewajibkan pengunjung menggunakan masker, mengabaikan prinsip jaga jarak, dan tidak menyediakan alat pengukur suhu badan. “Pada kegiatan sebelumnya, mereka sudah diberi pembinaan. Namun karena masih melanggar, kali ini dikeluarkan surat peringatan,” tukas Arif.

Dasarnya adalah SK Bupati nomor 50.2/KDH/A/2020 tentang Jam Operasional dan Kegiatan Usaha Dalam Masa Darurat Covid 19. Selain itu mengacu Instruksi Presiden No 6 Tahun 2020 Tanggal 4 Agustus 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19Pada razia itu, petugas juga membagikan masker kepada pengunjung kafe dan pegawai yang tidak memakai masker.

Setelah dari Jalan Wahid Hasyim, tim bergerak menuju Padukuhan Tempel di Desa Caturtunggal, Jalan Babarsari, dan Jalan Seturan. Empat kafe yang disambangi terpantau sudah tutup.Selanjutnya, tim menyisir seputaran Jalan Magelang dan mendapati cofee and bar L masih buka. Petugas kemudian meminta agar ditutup.

“Untuk sementara, masih sebatas diberi pembinaan dan surat peringatan. Apabila di kemudian hari masih ditemukan pelanggaran oleh pelaku usaha yang sama atau tidak mengindahkan BAP pembinaan, maka dapat ditingkatkan sanksinya sampai dengan penutupan sementara terhadap tempat usaha tersebut,” tegas Arif.


Amelia Hapsari

3 KOMENTAR