Lalulintas Manusia Sulit Dikendalikan Gugus Covid-19 Temanggung Gandeng Ketua RT

TEMANGGUNG, SM Network – Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Temanggung diminta untuk menyamakan langkah hingga tingkat desa/kelurahan, bahkan menggandeng Ketua RT sebagai kepanjangan tangan pemerintahan paling bawah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Karena saat ini penyebaran penduduk dan lalu lintas manusia sulit dikendalikan dan dikhawatirkan akan memperparah penularan korona.

“Kita mengumpulkan gugus tugas tiap desa di masing-masing kecamatan, kita ingin menyamakan langkah semua gugus tugas tiap desa agar melakukan pengamanan dan pengendalian COVID-19 di desanya masing-masing, bahkan sampai tingkat RT. Sekarang ini penyebaran penduduk, lalu lintas penduduk tetap sulit untuk dikendalikan, maka satu-satunya cara adalah mengendalikan kegiatan masyarakat di desa masing-masing,”ujar Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, kemarin.

Menurut dia, gugus tugas ini akan melakukan pendisiplinan warga, kemudian menyosialisasikan protokol-protokol dan kedisiplinan terhadap beberapa hal misalnya terhadap orang yang pulang kampung dari daerah-daerah terjangkit. Berdasarkan surat perintah kepada gugus tugas desa dengan stempel dari BPBD Kabupaten Temanggung, antara lain kalau ada pendatang masuk desa dilakukan karantina selama 14 hari di rumahnya dan gugus tugas melakukan cek kesehatan/suhu tubuh yang bersangkutan.

Dikatakan Hadik, tugas lain yang tak kalah penting adalah melarang dan membubarkan orang bergerombol lebih 3 orang dalam satu tempat dan waktu baik acara sosial kemasyarakatan dan keagamaan. Tidak boleh mengumpulkan massa atas nama kegiatan apa pun. Jika ada jenazah dari luar kota dan ada kecurigaan bahwa jenazah meninggal karena demam, batuk, radang tenggorokan, sesak nafas maka keluarga harus jujur tentang penyebab kematian.

“Apa yang harus dilakukan, hal ini harus sama semua kabupaten, kemudian dalam hal ada jenazah kiriman dari luar daerah masuk ke desa, mereka juga jenazah saudara-saudara kita apa yang harus kita lakukan. Intinya mereka harus menyamakan langkah supaya gugus tugas di desa dan kelurahan ini semua bisa bergerak bersama dengan standar dan langkah yang sama sehingga se-Kabupaten Temanggung bergerak,”terangnya.


Raditia Yoni Ariya/Kim

Tinggalkan Balasan