Lagu Indonesia Raya Bergema di Beringharjo, Pedagang Siap Grak..!

JOGJAKARTA, SM Network – Bersamaan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema. Dari pantauan Suara Merdeka, tepat pukul 10.00 WIB lagu ciptaan WR Supratman tersebut dikumandangkan melalui pengeras suara dan diikuti seluruh orang yang berada di dalam pasar.

SM/Dananjoyo

Para pedangang dan pengunjung terlihat bersemangat mendengarkan sekaligus ikut bernyanyi dan ada juga yang melakukan gerakan hormat bendera. Suasana khidmat pun cukup terasa, terlebih saat memasuki syair utama dari lagu Indonesia Raya.

“Inikan lagu kebangsaan kita, jadi kita harus antusias mas, meski kita berhenti jualan sebentar, gapapa ko,”jelas Yayuk, salah pedagang pasar.

SM/Dananjoyo

Pasar Beringharjo hari ini pun berhiaskan bendera merah putih di sejumlah titik seperti di pintu masuk sisi barat, los penjual batik dan bagian tengah pasar. Menurut para pedagang, mereka mendukung gerakan menyanyikan lagu kebangsaan ini bila diperdengarkan setiap hari.

“Kami mendukung mas, tadi pesan Ngrasa Dalem kan juga untuk nasionalisme dan persatuan. Jadi tidak ada alasan kami warganya untuk tidak mendukung,” tutur Sugeng, pedagang busana. Untuk diketahui empat lokasi yakni Pura Pakualaman, Pasar Beringharjo, SMAN 1 Pakem, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada pukul 10.00 WIB diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya setiap hari pada pukul 10.00 WIB akan diputar lagu Indonesia Raya, dan warga yang mendengar harus berdiri untuk menghormati lagu kebangsaan.

Tinggalkan Balasan