Kurang Maksimal, DPRD Usulkan Pasar Ikan Dangkel Dikelola BUMD

TEMANGGUNG, SM Network – Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Kabupaten Temanggung, Dedy Haryadi mengusulkan agar Pasar Ikan Dangkel di Kota Parakan, yang selama ini dikelola oleh organisasi perangkat daerah, untuk dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD). Lantaran, dengan pengelolaan tersebut selama ini hasilnya kurang maksimal.

“Kami berharap jika dilelola oleh BUMD seperti Bhumi Phala Wisata, supaya bisa mendatangkan keuntungan atau dividen bagi pemerintah daerah. Harapan kami jika dikelola BUMD aset tersebut bisa dikelola lebih profesional,”ujarnya kemarin.

Jika pengelolaan profesional dan mendatangkan keuntungan, maka secara otomatis bisa menambah pundi-pundi bagi pendapatan asli daerah (PAD). Jangka panjangnya justru akan berimplikasi positif bagi Pemerintah Kabupaten Temanggung.

Sejauh ini kondisi Pasar Ikan Dangkel kurang tergarap dengan baik, bahkan terkesan mangkrak. Menurut dia, walaupun ada penyesuaian retribusi barum namun jika melihat keadaan, korelasinya tidak lagi untuk pasar ikan.

“Karena di situ ada home stay, kolam renang, dan kuliner, maka hal ini bisa dijadikan acuan misalnya untuk dikerjasamakan dengan Perusda yang bergerak di bidang kepariwisataan, yakni Bhumi Phala Wisata. Supaya bisa berkembang lebih baik,”katanya.

Selain itu, ada lagi aset lain yang bisa dikelola Perusda seperti Kantor UMKM di Kledung. Jika dikelola profesional oleh BUMD kantor yang terletak di antara Gunung Sumbing dan Sindoro ini diharapkan menjadi aset yang bisa mendatangkan pendapatan juga sebab lokasinya cukup strategis.

“Selain Pasar Ikan Dangkel, aset lain yang bisa dikelola BUMD adalah kantor UMKM di Kledung yang mungkin hari ini juga masih mangkrak,”katanya.


Raditia Yoni A

1 Komentar

  1. 81426 822378I believe 1 of your commercials caused my internet browser to resize, you could well want to put that on your blacklist. 779935

Tinggalkan Balasan