SM/Supriyanto - BAGIKAN MASKER: Anggota Polsek Buayan dan Pengurus Cabang Merpati Kebumen Barat (MKB) membagikan masker kepada pengguna jalan, Minggu (12/4/2020).

KEBUMEN, SM Network – Kesadaran masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menjaga jarak masih rendah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Coronavirus (Covid-19). Selain itu keharusan memakai masker saat beraktifitas di luar rumah masih diabaikan sebagian warga.

Guna mendorong masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktifitas, Polsek Buayan bersama dengan Persatuan Merpati Tinggi Indonesia (PMTI) Pengurus Cabang Merpati Kebumen Barat (MKB) membagikan masker kain gratis untuk pengguna jalan di depan Mapolsek Buayan, Kebumen, Minggu (12/4/2020).

Sedikitnya 750 lembar masker kain dibagikan oleh personel Polsek Buayan dan anggota MKB dipimpin langsung oleh Kapolsek Buayan Iptu Sucipto, Minggu (12/4/2020). Kurang dari satu jam sejak dibagikan, masker kain itu habis diserbu masyarakat yang melintas di depan Mako Polsek Buayan.

Masyarakat yang menerima masker, langsung diimbau petugas untuk segera memakainya. Kini tidak ada lagi alasan kelangkaan masker medis, untuk tidak mengenakan masker. “Kami berharap setelah ini tidak ada alasan lagi, warga masyarakat keluar rumah tanpa masker. Saat ini persediaan masker kain sangat melimpah. Termasuk hari in kami membagikan masker kain,” Kapolsek Buayan Iptu Sucipto di sela-sela kegiatan.

Ketua MKB Indarto tergugah untuk membagikan masker gratis bersama dengan Polri dalam hal ini Polsek Buayan, Sempor, Kuwarasan, dan Puring. Masker yang dibagikan berasal dari donatur anggota paguyuban. Patroli Dialogis Pemerintah menyarankan masyarakat untuk mengenakan masker kain, yang dianggap mampu mengurangi jangkauan droplet penyebaran virus Corona.

Bukan hanya yang sakit, warga masyarakat yang sehat saat juga diwajibkan mengenakan masker saat bepergian ke luar rumah. Ajakan kepada warga untuk mengenakan masker dilakukan Sat Samapta Polres Kebumen yang menggelar patroli dialogis Patroli dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Rudjito menyasar sejumlah objek vital dan tempat mangkal tukang becak dan driver ojek online.

“Kami sampaikan kepada masyarakat untuk patuh mengenakan masker. Memang ada beberapa yang mengabaikan menggunakan masker, tapi saat itu juga kami tegur untuk menggunakan masker saat keluar rumah,” jelas AKP Rudjito.

Penggunaan masker saat keluar rumah sejalan dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO saat pandemi Covid-19. “Kami tidak akan lelah mengingatkan warga masyarakat untuk mengenakan masker,” tandas AKP Rudjito Semoga wabah bisa segera mereda.


Supriyanto/Kim

1 KOMENTAR