KPU Wonosobo Coret 17.981 Data Pemilih


WONOSOBO, SM Network – KPU Wonosobo Coret 17.981 pemilih dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dalam proses pencocokan dan penelitian karena diketahui telah meninggal. Tingginya angka tersebut disebabkan carut-marutnya pencatatan data kependudukan warga yang meninggal.

Ketua KPU Wonosobo, Asma Khozin menjelaskan, data pemilih yang dicoret tersebut adalah data lama dari proses Pemilu 2019 lalu yang kembali muncul dalam DP4 Pilkada 2020 meski pemilih tersebut sudah meninggal dunia. Hal itu terjadi karena pihak keluarga tak melaporkan anggota keluarganya yang meninggal. Imbasnya, pihak desa, kecamatan, hingga Dinas Kependudukan tak bisa menindak lanjuti untuk pemutakhiran atau sinkronisasi data penduduk yang menjadi dasar penyusunan data pemilih oleh KPU.

Padahal dalam data DP4 Pemilu 2019 lalu dan dimutakhirkan per enam bulan, data pemilih yang meninggal tersebut sudah dicoret. Ia menduga, tingginya data pemilih yang meninggal tapi muncul berulang-ulang dalam DP4 tersebut adalah akumulasi kematian bertahun-tahun yang tidak tercatat di administrasi kependudukan. “Dulu data tersebut sudah kita eksekusi, tapi data pemilih yang sudah meninggal itu muncul lagi,” katanya, kemarin.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya sudah melaporkan temuan tersebut ke Dinas Kependudukan. Namun data tak bisa dieksekusi sebab data warga yang meninggal harus didasarkan pada laporan keluarga. Selain pencoretan belasan ribu daftar pemilih, dalam proses coklit kali ini KPU juga mendata sebanyak 1.400 pemilih yang tak mempunyai KTP. Sebagian besar adalah lansia yang merasa tak butuh KTP lagi.


Adib Annas Maulana/dib

9 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  3. I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

  4. It’s going to be ending of mine day, but before ending I am reading this fantastic paragraph to increase my knowledge.

  5. 316155 154453This will be a terrific blog, would you be interested in doing an interview about just how you developed it? If so e-mail me! 617574

Tinggalkan Balasan