SM/Asef F Amani - KOTAK SUARA: Petugas menyusun rapi kotak suara dan sejumlah APD di gudang logistik KPU Kota Magelang yang meminjam Gedung Mandala Jalan Yos Sudarso Magelang.

MAGELANG, SM Network – Secara bertahap KPU Kota Magelang mulai memenuhi kebutuhan logistik berupa alat pelindung diri (APD) untuk pemungutan suara, 9 Desember mendatang. Ada delapan item APD yang diterima KPU dan disimpan rapi di gudang logistik yang meminjam Gedung Mandala Kota Magelang.

Komisioner KPU Kota Magelang, Bambang Sarwodiono mengatakan, sudah sejak akhir bulan Oktober lalu APD diterima dan disimpan. Logistik APD terdiri dari handsanitizer 285 botol, sabun cuci tangan 518 botol, desinfektan 309 liter, sarung tangan plastik 2.330 box, dan tisu 2.424 pak.

Kemudian kantong sampah 515 buah, semprotan 235 unit, dan tempat air berkran serta ember penampung 467 unit. Selain APD, juga sudah tersimpan rapi kotak suara sebanyak 243 unit, bilik pemungutan suara 932 unit, dan tinta sebanyak 466 botol.

“APD pertama yang kita terima berupa tisu, ember penampung, dan semprotan desinfektan pada 27 Oktober. Terakhir kita terima tinta pada 11 November. Untuk kotak suara sudah kita rakit hari ini (kemarin, red),” ujarnya di Gudang Logistik KPU Kota Magelang, Senin (16/11).

Dia menuturkan, khusus bilik suara yang terbuat dari aluminium disimpan di gudang logistik KPU yang lain, yakni di Jalan Sarwo Edhie Wibowo. Di gudang yang ada di Gedung Mandala Jl Yos Sudarso sudah dijaga pihak kepolisian berjumlah 3 orang selama 24 jam.

“Kita simpan di Gedung Mandala, karena tempatnya yang luas seluas 418 m2 dan bersih. Selama 24 jam dijaga anggota Polri guna menjaga keamanan logistik ini. Perlu diketahui, semua APD ini baru, termasuk kotak suara yang kita lakukan pengadaan lagi,” katanya.

Logistik ini, kata Bambang, diterima dari beberapa rekanan. Untuk selanjutnya logistik berupa APD didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) pada 5 Desember, lalu disusul logistik Pemilu berupa surat suara, tinta, kotak suara, dan bilik pemungutan suara pada 7 Desember.

“Tahap berikutnya distribusi dari PPS ke TPS pada 8 Desember, sehingga pada 9 Desember semua sudah siap. Adapun untuk surat suara sekarang masih dalam proses cetak. Sejauh ini tahapan-tahapan sudah dilalui dengan lancar,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here