KPU Kebumen Perpanjang Pendaftaran Paslon, Peluang Parpol Alihkan Dukungan Masih Terbuka


KEBUMEN, SM Network – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen memperpanjang masa pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kebumen 2020. Masa pendaftaran perpanjangan paslon akan dilaksanakan pada 10-12 September 2020.

Berdasarkan pengumuman KPU Kebumen Nomor 415/PL.02.0-Pu/3305/KPU-Kab/IX/2020 tentang Perpanjangan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pilbup Kebumen 2020, jadwal perpanjang tanggal 10-11 September 2020 pukul 08.00-16.00 wib.

Sedangkan tanggal 12 September 2020 pada pukul 08.00-24.00 wib. Tempat pendaftaran di Kantor KPU Kebumen Jalan Arungbinang No.14 Kebumen. Informasi perpanjangan pendaftaran paslon itu disampaikan oleh Ketua KPU Kebumen Yulianto saat Sosialisasi Penundaan Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020 di Hotel Candisari, Senin (7/9/2020).

Perpanjangan masa pendaftaran tersebut disebabkan karena hingga batas akhir pendaftaran paslon 6 September 2020 pukul 24.00 hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftarkan diri dan dinyatakan diterima oleh KPU Kebumen.

“Untuk itu sesuai regulasi yang ada, KPU Kebumen akan memperpanjang pendaftaran pasangan calon,” ujar Yulianto di sela-sela Sosialisasi dihadiri seluruh komisioner KPU Kebumen,  Bawaslu Kebumen, partai politik, penghubung pasangan calon, dan pihak terkait.

Saat ini seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kebumen kompak mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih. Meski demikian sampai masa pendaftaran perpanjangan ditutup, masih terbuka peluang bagi parpol atau gabungan parpol untuk menggeser dukungan dan mengusung pasangan calon baru.

“Pengalihan dukungan kepada pasangan calon lain oleh partai politik masih dimungkinkan. Karena pencalonan di Pilkada merupakan kewenangan partai politik selain perseorangan,” ujar Yulianto seraya menyebutkan bahwa pendaftaran harus memenuhi persyaratan calon dan syarat calon.

Syarat Pencalonan

Adapun persyaratan pencalonan dari parpol atau gabunan parpol paling sedikii 20 % dari 50 kursi di DPRD Kebumen hasil Pemilu 2019 atau sebanyak 10 kursi DPRD. Atau paling sedikit 25 % dari 713.342 suara sah dalam Pileg 2019, atau sebanyak 178.336 suara sah Pileg 2019.

Yulianto menambahkan, pada saat hanya ada satu paslon yang mendaftar, KPU secara regulasi membuka ruang untuk memunculkan calon baru. Untuk yang kursinya tersisa tidak mengubah, tetapi yang masih memiliki kursi tersebut didorong untuk mendaftarkan paslon.

“Tetapi bagi yang sudah mendukung semua, maka berpotensi ada penambahan paslon dengan menggeser dukungan,” ujar Yulianto  seraya menyebutkan jika itu terjadi paslon yang terkurangi dukungan harus mendaftar ulang ke KPU dengan dokumen yang terkurangi parpol yang sudah berpindah dukungan.

Akan tetapi  jika sampai masa pendaftaran perpajangan berakhir, tidak ada pasangan calon baru yang mendaftar, akan memasuki tahapan berikutnya yakni pemeriksaan kesehatan. Adapun Pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan  pada 23 September 2020. “Setelah itu memasuki tahapan kampanye,” ujarnya.

1 Komentar

  1. 311402 679838Empathetic for your monstrous inspect, in addition Im just seriously great as an alternative to Zune, and consequently optimism them, together with the extremely good critical reviews some other players have documented, will let you determine whether it does not take correct choice for you. 4897

Tinggalkan Balasan