KPM Terima Rp 200.000 Tiap Bulan

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang melalui Dinas Sosial (Dinsos) mulai menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 3.737 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tiap KKS akan terisi saldo Rp 200.000 per bulan yang bisa dibelanjakan di Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong).

Secara simbolis penyerahan KKS dilakukan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito kepada perwakilan KPM di aulan Kecamatan Magelang Selatan, Senin (11/5). Turut hadir Dandim 0705/Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto dan Wakapolres Magelang Kota Kompol Umi Mardiyah.

Kepala Dinsos Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih mengatakan, KKS merupakan program penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. KKS berupa simpanan rekening bank yang berguna untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan barang lainnya melalui E-Warong yang tersedia.

“Nilai program bantuan sembako dari Kemensos ini naik dari semula Rp 150.000 menjadi Rp 200.000 per bulan per KPM. Penyaluran mulai tanggal 10-13 Mei 2020,” ujarnya di sela pembagian KKS.

Dia menuturkan, KPM bisa membelanjakannya di 5 E-Warong di Kota Magelang. Adapun jumlah KPM yang menerima tersebut berdasarkan data Terpadu Kesejahteraan Sosial (TKS) yang dihimpun Kemensos RI. Mereka masuk data namun selama ini belum menerima program bantuan apapun.

“KKS dibelanjakan di E-Warong bisa memilih komoditas yang dibutuhkan mulai dari karbohidrat, protein hewani dan protein nabati,” katanya didampingi Kabid Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kota Magelang, Praditya Deddy Heryanto.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengutarakan, KKS salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu. Bantuan senilai Rp 200.000 per bulan selama 9 bulan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sampaikan meski sedikit, tapi setidaknya bisa meringankan beban masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Sigit mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur, sebab di tengah pandemi saat ini kesehatan menjadi sesuatu yang paling penting. Ia juga meminta masyarakat tetap patuh pada imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Kesehatan saat ini sangat mahal. Tetap patuh imbauan pemerintah, pakai masker, jaga jarak, juga jangan mudik. Kasus Covid-19 di Kota Magelang menunjukkan tren yang baik,” jelasnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan