Korupsi Lobster, Buruknya Pengelolaan Biodiversitas Nasional

YOGYAKARTA, SM Network – Ketua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), Prof Budi Setiadi Daryono, MAgrSc PhD mengungkapkan kasus korupsi benih lobster yang merupakan komoditas biodiversitas Indonesia mengambarkan buruknya pengelolaan biodiversitas nasional.

Ia menilai para pengampu kepentingan dan pelaku bisnis Tanah Air selalu melihat potensi biodiversitas sebagai sumberdaya ekonomi semata yang siap dieksploitasi. Padahal biodiveristas yang ada merupakan sumberdaya ekologi yang perlu dikelola dan dilestarikan bersama. Apabila cara pandang para pemimpin politik dan pemangku kepentingan bangsa melihat sumber daya alam khsususnya biodiversitas sebagai sumberdaya ekonomi semata maka akan merusak dan memusnahkan biodiversitas.

”Kami prihatin dengan cara pandang dan perilaku predasi para pemangku kekuasaan serta pengusaha dalam menguras biodiversitas. Ke depan, seharusnya cara pandang terhadap biodiversitas diubah dengan menghargai, mengelola dengan bijak dan melestarikan biodiversitas termasuk lobster agar dapat dimanfaatkan dan dilanjutkan oleh generasi berikutnya,” tandas Dekan Fakultas Biologi UGM tersebut.

Tinggalkan Balasan