Komisi IV DPD RI Dukung Pemulihan Ekonomi Jateng Berfokus Pada Sektor UMKM

MUNGKID, SM Network – Bupati Magelang, Zaenal Arifin menerima kunjungan kerja komisi IV DPD RI di pendopo Drh. Soepardi Setda Kabupaten Magelang, Senin (1/2). Kunjungan tersebut dihadiri oleh para anggota DPD RI serta Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad.

Dalam kunjungannya, Fadel Muhammad mengungkapkan kunjungan ke Kabupaten Magelang ini, tentunya untuk melihat dan mengamati dari dekat bagaimana percepatan pemulihan ekonomi di kabupaten terkhusus di bidang UMKM.

“Kami dari MPR sudah dua kali berbicara langsung dengan Pak Presiden terkait percepatan pemulihan ekonomi. Dari pembicaraan tersebut kami mengusulkan penghapusan bunga pinjaman kepada UMKM untuk dihapuskan” ujar Fadel.

Fadel mengungkapkan masalah utama para pelaku UMKM adalah tingginya bunga bank. Sementara adanya pandemi Covid-19 membuat para pelaku UMKM memiliki tunggakan, bahkan tidak mampu meminjam karena bunga bank yang cukup tinggi. Ia berharap bunga bank bisa dihapuskan atau memberi subsidi bunga bank agar pelaku UMKM tetap bisa bertahan.
Sementara Kepala OJK Jateng, Aman Santosa menambahkan terkait subsidi bunga. Di Jawa Tengah sendiri subsidi bunga bank sudah berjalan dengan baik, bahkan bank yang belum tersubsidi sekitar 15-20 bank.

Sedangkan Komisi DPD RI juga menyampaikan bahwa kedepan dengan adanya Undang-Undang Cipta kerja semua belanja pemerintah harus berasal dari produk UMKM, untuk itu DPD tentu harus mendukung bangkitnya sektor UMKM di masa pandemi.

Tinggalkan Balasan