SM/Dok Penrem

JOGJAKARTA, SM Network – Berawal sensitif terhadap korban bencana alam yang terkena musibah sehingga membuat seniman tersentuh untuk menggalang dana untuk membantu dan menyelenggarakan pameran. Hal tersebut disampaikan Yusman Seniman Nasional selaku penggagas acara dan pemilik Kopi Macan Yusman.

“Alasan kita adakan pameran sebelumnya belum ada namun karena dorongan temen-temen seniman kenapa patung-patung disini hanya ditidurkan saja tidak dibuat yang bisa menghasilkan untuk bisa membantu saudara kita yang kena musibah,” ungkap Yusman.

Karya yang akan dipamerkan, lanjutnya, di antaranya koleksi patung mantan Presiden RI patung Bapak SBY dan yang terjual akan disumbangkan untuk korban musibah bencana alam. Harapannya gelaran ini bisa berkelanjutan di tahun-tahun kedepan dan lebih baik. Sementara itu Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M turut mendapat undangan pembukaan Pameran, Bazaar Art dan Opening Kopi Macan Yusman.

Namun karena ada agenda yang bersamaan maka di wakili oleh Pasi Komsos Ster Korem 072/Pmk Mayor Arm Ronang S yang bertempat di Jl. Bugisan Tegal Senggotan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (5/3/2021). Di sela pembukaannya GKR Mangkubumi menyampaikan pada sambutanya bahwa disituasi Pandemi Covid 19 masih ada perhatian dari seniman sebagai wujud kepedulian terhadap saudara-saudara kita.

Menurutnya situasi ini merupakan suatu ujian bagi kita semua namun pasti ada sesuatu hikmah dibalik pandemi saat ini dan kita sudah tahu pameran ini sebagai wujud kepedulian seniman dan budayawan dan saya sangat mengapresiasi ini semua, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pak Yusman dan rekan seniman.

Turut hadir pada acara GKR Mangkubumi ( Keraton Yogyakarta) Letkol Caj Daldiri (Kabag Koleksi Musium Dharma Wiratama Disjarahad), Mayor Czi Agus Sriyanta (Kapenrem 072/PMK), Mayor Arm Ronang S (Pasi Komsos Ster Rem 072/PMK), Mayor Arm Mesphan (Danramil 03/Ksh), Ir. Bambang Prijambada MSi (perwakilan Pemda Bantul) Kapten inf Rajiko (Pasi Intel Dim 0729/Btl), Seniman peserta pameran dan Bazaar al. Haro, Nasirun, Sukoco Hayat, Tulus Warsito, Godod Sutejo, Anugrah Fadly, Yulhendri dan selalu mematuhi Protokol kesehatan.