Kodim Temanggung Gelar TMMD di Tengah Pandemi

TEMANGGUNG, SM Network – Meski masih di masa pandemi Covid-19, Kodim 0706 Temanggung tetap menggelar program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II tahun 2020. Pasalnya, program ini untuk mendukung pemerintah dalam memajukan pembangunan. Namun demikian, kegiatan ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk TMMD kali ini yang menjadi lokasi sasaran adalah di Desa Banaran, Kecamatan Gemawang. Untuk pembukaan dilaksanakan di Dusun Kruwisan dipimpin Pjs Kasdim Kapten Inf Edward dan Kepala Dinpermades Gema Artisti. Sedangkan serah terima Program di gelar terpisah di Pendapa Jenar Kompleks Setda, oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq kepada Dandim Letkol Inf David Alam, Selasa (30/6).

Gema menyampaikan, program TMMD adalah program lintas sektoral yang diharapkan hasil yang dicapai dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, melalui pembangunan secara terpadu. Khususnya pembangunan sarana dan prasarana maupun fasilitas umum yang memacu berputarnya roda perekonomian penduduk di wilayah setempat.

“TMMD ini adalah salah satu bagian dari cara merawat dan meningkatkan kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan. Sinergitas kemanunggalan TNI dengan rakyat, pemerintah pusat dan daerah menjadi satu kekuatan untuk memajukan desa. Lalu menggali dan mendayagunakan potensi desa, serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat,”katanya.

Program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar warga.
Diharapkan juga ada sisipan program-program yang menggugah semangat kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme.

“Saat ini masih dalam suasana pandemi, oleh sebab itu, kita wajib bersama-sama, mencegah, mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19 dengan mematuhi protokol Kesehatan. Harus selalu memaki masker, jaga jarak dan selalu mencucui tangan dengan sabun,”katanya.

Pjs Kasdim Kapten Inf Edward mengatakan, TMMD dilaksanakan selama 30 hari, 30 Juni-29 Juli 2020. Sasaran fisik antara lain betonisasi jalan sepanjang 1.700 meter, senderan panjang 30 meter. Sasaran pendamping berupa rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 2 unit, terdiri dari 1 unit bantuan dari dana desa, 1 unit bantuan Baznas Kabupaten Temanggung.

Adapun sasaran non fisik dari Dinas kesehatan Kabupaten Temanggung, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita. Dari Disnakkan pemberian bantuan bibit ikan dan pemberian bantuan obat-obatan serta vitamin hewan ternak.


Raditia Yoni Ariya/K41

Tinggalkan Balasan