Kirab Durian di Magelang Munculkan Aneka Olahan Durian nan Unik

MUNGKID, SM Network – Warga Desa Purwosari, Kecamatan Salaman gelar festival durian sebagai ungkapan rasa syukur warga sekitar akan hasil panen durian yang melimpah Minggu (19/1). Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, perangkat desa dan ratusan warga memikul puluhan buah durian yang akan dibawa menuju lapangan tempat acara akan digelar. Berbagai jenis durian lokal dan hasil olahan buah durian juga dihadirkan di sini seperti lemet, pepes lele durian, onde-onde, keripik pongge, dan lainnya. Selain sebagai rasa syukur, festival tersebut juga sebagai ajang memperkenalkan durian lokal khas Dusun Saren dan sekitarnya.

“Mengenalkan kepada masyararakat bahwa durian lokal yang berasal dari Dusun Saren ini tidak kalah dengan durian daerah lain,” jelas Kepala Desa Purwosari, Hajar Budianto, dalam sambutannya.

Angkat Perekonomian

Dengan terselenggaranya festival durian ini, ia berharap dapat meningkatkan perekonomian warga desa. “Semoga festival durian ini dapat terus berjalan tiap tahunnya, serta dapat mengangkat perekonomian warga Dusun Saren dan sekitarnya,” jelas Budi.

Selain itu Budi juga berharap agar durian dapat terjual habis di Dusun Saren, tanpa menjual keluar dan juga dapat menjadi salah satu sentra durian di Kabupaten Magelang.

Wakil Bupati, Edi Cahyana, yang turut hadir dalam festival tersebut memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan festival durian yang dinilai berhasil. Pasalnya meskipun penyelenggaraan event ini terbilang cukup plosok, tetapi dapat dikenal hingga luar daerah bahkan nasional.

“Saya dengar dari panitia tiket yang dijual untuk festival ini hanya 400 dan yang memesan lebih dari 3000 orang. Pemesannya juga tidak hanya warga Kabupaten Magelang saja, tetapi ada yang dari luar kabupaten hingga luar juga Jawa ada,” ujar Edi.

Edi beranggapan bahwa festival durian ini memberikan dampak yang luar biasa, bahkan disegala aspek. “Dengan adanya festival durian ini tentunya memberikan dampak baik bagi masyarakat di segala aspek, secara tidak langsung juga menaikan harga bibit yang ada disini,” Imbuhnya.


Dian Nurlita

Tinggalkan Balasan