Ketua KPU RI : Henry Jovinski Pahlawan Demokrasi

SLEMAN, SM Network – Jenazah Henry Jovinski (25) dimakamkan di TPU Gumuk Dusun Rewulu Wetan, Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Sleman, Kamis (13/8). Henry adalah staf Sekretariat KPU Yahukimo Papua yang meninggal akibat dianiaya orang tak dikenal, saat melintas di Distrik Dekai pada Selasa (11/8) lalu.

Suasana haru terlihat ketika jenazah akan dimasukkan ke liang lahat. Ibunda Henry, Vivin Monica (54) terus menangis dan memanggil nama anaknya. Sebelum dibawa ke TPU, terlebih dulu dilaksanakan upacara pemakaman di rumah duka Jalan Sidokarto Nomer 20 RT 01 RW 02 Dusun Rewulu Wetan. Ratusan orang datang melayat termasuk Ketua KPU RI Arief Budiman, dan Bupati Sleman Sri Purnomo turut hadir melepas kepergian almarhum. Puluhan karangan bunga juga terlihat berjejer di sepanjang pinggir jalan.

Saat menyampaikan sambutan, Arief menyebut almarhum sebagai pahlawan demokrasi karena meninggal sewaktu menjalankan tugas. “Banyak harapannya yang belum terwujud. Salah satunya ingin bersama-sama dengan masyarakat Papua mewujudkan Pemilu berjalan lebih baik seperti yang dilihat di beberapa negara,” ucap Arief.

Dia berharap kejadian serupa tidak terulang, dan meminta aparat mengusut dalam waktu yang tidak terlalu lama. Menurut Arief, penting untuk tahu motif dibalik tindakan keji pelaku. Sehingga, penyelenggara Pemilu bisa menerima kejadian itu dengan lapang dada, dan melaksanakan tugas tanpa rasa takut atau was-was.

Berdasar keterangan saksi, kata Arief, pelaku lebih dari satu orang. Dari informasi yang dia terima, salah satu orang yan diindikasikan sebagai pelaku sudah ditangkap. “Kami serahkan sepenuhnya ke aparat. Mudah-mudahan ini jadi pelajaran berharga supaya bisa saling menghormati dan menghargai. Kalau ada sesuatu, harus diselesaikan sesuai peraturan,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya meminta dukungan dari aparat tingkat pusat hingga daerah. Bantuan itu tidak hanya dalam bentuk pengamanan kantor ataupun sarana tempat kerja, melainkan juga keamanan terhadap individu penyelenggara Pemilu.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan