SM/Panuju Triangga MENGINGATKAN: Petugas dari Satpol PP Damkar Purworejo mengingatkan masyarakat yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah, Senin (6/4).

PURWOREJO, SM Network – Kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker saat keluar rumah dalam menekan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) selama ini dinilai masih rendah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Purworejo, Budi Wibowo, mengungkapkan bahwa pihaknya rutin melakukan pantauan ke lapangan. Dari pemantauan tersebut, didapati bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker masih rendah.

Oleh karena itu, personel yang diturunkan di lapangan diminta untuk terus mengingatkan masyarakat. Budi Wibowo mengungkapkan, beberapa tempat yang sering didapati masyarakat tidak mengenakan masker yakni di jalan umum dan di pasar. “Paling banyak (yang tidak mengenakan masker) di pasar,” katanya, Senin (6/4).

Budi menambahkan, pihaknya berharap masyarakat bisa mengikuti anjuran untuk mengenakan masker. Hal itu penting dilaksanakan untuk meminimalkan terjadinya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purworejo.

“Ketima menemukan warga yang tidak memakai masker, kami juga memberikan sosialisasi mengenai edaran Bupati. Isi edaran antara lain mencuci tangan memakai sabun, pakai masker, tidak berkerumun, dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Sementara itu, menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan penggunaan masker bagi siapa pun yang keluar rumah, Pemkab Purworejo menerbitkan flyer ajakan sejak Senin (6/4).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama, mengungkapkan bahwa flyer itu sengaja diterbitkan untuk mendukung kebijakan dari pemerintah pusat. Flyer tersebut disebarluaskan melalui media sosial kepada masyarakat.

Meski demikian, Purworejo belum memberlakukan sanksi bagi masyarakat yang keluar rumah tanpa mengenakan masker. “Kita belum sampai pada sanksi. Tapi terus mengingatkan kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan itu,” tambahnya.


Panuju Triangga

3 KOMENTAR