Kepastian Calon Tunggal atau Tidak Ditentukan pada Menit-menit Terakhir

KEBUMEN, SM Network – Kendati perkembangan menghadapi Pilbup 2020 mengarah calon tunggal, namun kepastiannya ditentukan pada menit-menit terakhir (last minutes). Tampaknya mengerucut nama Arif Sugiyanto yang dikondisikan sebagai calon tunggal dan Eno Syafrudien yang digadang-gadang menjadi bupati Kebumen untuk periode mendatang.

Arif Sugiyanto saat ini menjabat wakil bupati Kebumen, sedangkan Eno merupakan menantu Wapres KH Ma’ruf Amin. “Namun kepastian masing-masing beserta pasangannya tetap masih menunggu pada last minutes. Apakah nantinya hanya ada calon tunggal atau tidak,” kata Mantan Anggota DPRD Kebumen dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Untung Sunarto, Jumat (21/8).

Saat wawancara tersebut berbarengan dengan momentum peringatan Hari Jadi Kebumen Ke-391. Untung pun menunjukkan gambar Eno yang dimuat dalam iklan kolektif Suara Merdeka terkait ucapan selamatnya. Dalam gambar itu, Eno yang Ketua Umum Yayasan Rekat Anak Bangsa mengenakan baju putih berpeci dengan tulisan “Putra Asli Kebumen”. Diteruskan dengan kalimat “Sejuta Cinta untuk Kebumen Beriman”. Bagi Untung ada maknanya.

Selain wujud kepedulian Eno terhadap Kebumen, juga salah satu bentuk sumbangsih terhadap berjalannya demokrasi yang sehat di daerah ini. Selanjutnya diserahkan kepada partai politik yang memiliki kewenangan untuk mengusungnya. Untung lantas menjelaskan terkait pencalonan yang ditentukan pada menit-menit terakhir, merupakan waktu yang diberikan kepada partai politik untuk mempertimbangkan segala sesuatunya.

Mulai dari kapasitas kandidat, elektabilitas, integritas hingga isi tas. “Juga melihat hasil surveinya seperti apa,” jelas Untung yang dua periode menduduki kursi legislatif di Kebumen pada 2004 – 2009 dan 2009 – 2014. Di mana, kesempatan untuk mempertimbangkan calon yang akan diusung itu hingga menit-menit terakhir. Dalam hal ini sebelum pendaftaran di KPU yang dijadwalkan pada 4 – 6 September.

Terkait dengan penentuan calon pada last minutes, Untung mengungkit kebiasaan PDIP yang selalu melakukannya. Sedangkan dalam Pilbup di Kebumen kali ini sudah memutuskan calon yang diusung pada menit-menit awal. Selanjutnya diikuti partai lain hingga mengarah calon tunggal untuk menghadapi Pilkada 9 Desember 2020. Kendati demikian, Untung masih berkeyakinan bahwa penentuannya pada last minutes.

Karena, pada akhirnya bukanlah surat keputusan (SK) partai yang digunakan untuk mendaftar di KPU, namun selembar form dari lembaga penyelenggara Pemilu yang telah ditandatangani oleh pengurus partai sebagai rekomendasi. Praktis pada last minutes itu bisa terdapat calon lain atau terjadi perubahan arah dukungan partai politik. Apalagi dalam keputusan sejumlah partai yang dilakukan sebelumnya untuk mengarah calon tunggal, memuat klausul berbunyi dapat diperbaiki di kemudian hari.

“Itu lantaran partai politik masih melihat dinamika yang berkembang serta mempertimbangkan keputusan lebih lanjut hingga sebelum pendaftaran di KPU,” imbuh Untung. Jika nanti ternyata hanya terdapat calon tunggal, ia menandaskan lebih baik memilih kotak kosong atau kolom tanpa gambar pada surat suara.

Pemilik Rumah Makan Ayam Goreng dan Bebek Goreng H Untung di Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kebumen itu pun berharap Mas Koko (kotak kosong) menang. Dalam hal ini, pilihannya yakni setuju untuk tidak setuju dengan calon tunggal. “Itu wujud nyata protes keras terhadap matinya demokrasi di Kebumen dan bukan dilatarbelakangi suka atau tidak suka terhadap pribadi calon tunggal,” ucapnya.


Arif Widodo / K5

8 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.

  3. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  4. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

  5. 250384 481449Awesome material you fellas got these. I actually like the theme for the web site along with how you organized a person who. It is a marvelous job For certain i will come back and check out you out sometime. 522979

  6. 134640 576417This web site is often a walk-through for all of the knowledge you wanted concerning this and didnt know who need to. Glimpse here, and youll definitely discover it. 690475

  7. 836037 621518When I saw this page was like wow. Thanks for putting your effort in publishing this write-up. 916964

Tinggalkan Balasan