Kemensos Beri Bantuan Ribuan Pekerja Hotel di DIY

YOGYAKARTA, SM Network – Pandemi Covid-19 sangat dirasakan imbasnya oleh pelaku sektor pariwisata. Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pariwisata juga terkena dampak.

Untuk membantu meringankan beban pelaku usaha pariwisata, Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan berupa paket sembako. Pada Jumat (13/11), bantuan diserahkan kepada karyawan perhotelan di DIY. Ada 1.318 paket sembako yang didistribusikan untuk karyawan di 41 hotel.

“Ini adalah bantuan ketiga yang disalurkan Kemensos untuk dunia pariwisata khususnya perhotelan,” tutur penasehat Dharma Wanita Kemensos, Grace Juliari Batubara disela penyerahan bantuan di Hotel Jayakarta, Jumat (13/11).

Secara pribadi, dia mengungkapkan kegembiraan bisa ikut andil dalam program ini. Terlebih melihat usaha perhotelan terpuruk akibat pandemi.

“Sejak pemberlakuan PSBB ketat di bulan Februari, dunia pariwisata drop sampai titik paling bawah. Banyak hotel dan travel agent di Jakarta dan kota-kota lain yang terpaksa tutup,” ucapnya.

Prihatin dengan kondisi itu, dia dan timnya lantas memikirkan ide untuk membantu pekerja bisnis pariwisata. Gagasan itu disambut baik oleh IKA STPB. Secara bertahap, bantuan disalurkan ke beberapa kota diawali dari Jakarta kemudian dilanjutkan ke Bandung dan kini giliran Yogyakarta. Dalam waktu dekat akan digelar di Bali.

“Belakangan ini, kondisi pariwisata mulai membaik. Semoga tutup tahun nanti bisa kembali normal seiring rencana pendistribusian vaksin oleh pemerintah,” ujar Grace.

Dia pun berpesan kepada para pelaku usaha pariwisata agar pantang menyerah, dan terus berinovasi.

Tinggalkan Balasan