Keluarga PKH Diberi Motivasi Tingkatkan Pendidikan

PURWOREJO, SM network – Keterbatasan biaya seringkali menjadi kendala bagi keluarga kurang mampu untuk membiayai pendidikan anak hingga jenjang pendidikan tinggi. Oleh karena itu, kelanjutan pendidikan anak-anak dari Keluarga Penerima Manfaat (PKM) Program Keluarga Harapan (PKH) juga menjadi perhatian tersendiri.

Mengatasi persoalan biaya untuk melanjutkan pendidikan tersebut, PKH Dinas Sosdukkbpppa Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Akses Pendidikan bagi Keluarga PKH di kampus UMP. Acara diikuti sekitar 112 KPM PKH Kabupaten Purworejo beserta anaknya yang sedang bersekolah kelas XII SMA sederajat dan berniat untuk kuliah.

Para peserta mendapat paparan dan motivasi dari dua narasumber, yakni Dr Budi Setiawan MSi (Wakil Rektor III UMP) dan Ir Didik Widiyantono MAgr (Kepala Biro Kemahasiswaan UMP). Sejumlah mahasiswa UMP berprestasi juga turut memberikan motivasi dalam kesempatan itu.

“Jangan sampai anak-anak keluarga PKH tidak melanjutkan pendidikan tinggi karena persoalan biaya kuliah,” kata Budi Setiawan, kemarin.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi anak-anak keluarga PKH untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Selain itu juga memberikan informasi yang cukup luas akan akses pendidikan tinggi ke semua lapisan masyarakat.

Salah satu peluang yang bias diraih oleh-oleh anak-anak PKH adalah peluang untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Pada tahun 2020, Kemendikbud memperluas sasaran beasiswa pendidikan tinggi dengan diberikan kepada 818 ribu mahasiswa melalui KIP Kuliah, termasuk penerima bidikmisi on going sampai masa studi selesai. Untuk tahun 2020, pemerintah akan mentargetkan penerima KIP Kuliah sejumlah 400 ribu penerima baru.

Didik menyampaikan, UMP memiliki komitmen yang kuat untuk akses pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat. Banyak peluang beasiswa yang diberikan, yaitu Beasiswa LAZISMU, Beasiswa Kader, Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni dan Sains, Beasiswa Hafidz dan Beasiswa Prestasi Akademik.

“UMP juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk memperoleh pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Program Kompetisi Wirausaha atau Bisnis,” imbuhnya.

Koordinator Kabupaten PKH Purworejo, Juli Prabowo, mengungkapkan di Kabupaten Purworejo saat ini ada sebanyak 32.118 KPM PKH. Dari jumlah itu, ada sekitar 2.800 anak KPM PKH yang sedang menempuh jenjang SMA/SMK kelas XII. Melalui pendampingan oleh pendamping PKH serta kegiatan tersebut mereka diberikan motivasi untuk bisa menyekolahkan anaknya sampai jenjang pendidikan tinggi.

“Karena Keluarga PKH adalah dari keluarga sangat miskin sampai dengan rentan miskin, sehingga mayoritas untuk menyekolahkan sampai bangku kuliah tidak PD (percaya diri -red), kaitanya dengan biaya kuliah. Sehingga mereka kami beri motivasi,” tambahnya.


Panuju Triangga

Tinggalkan Balasan