SM/Triyo Handoko - PANEN RAYA: Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengikuti panen raya bawang merah yang dilakukan kelompok tani Sri Rejeki.

MAGELANG, SM Network – Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengikuti panen raya bawang merah yang dilakukan kelompok tani Sri Rejeki, Selasa (9/3). Sebelumnya, kelompok tani di Dakawu, Banyusidi, Pakis, Kabupaten Magelang ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Magelang untuk mengembangkan bawang merah di kawasan seluas 5 hektar.

Dalam sambutanya, Zaenal menyebutkan, Kabupaten Magelang memiliki potensi pengembangan yang cukup besar khusus komoditas hortikultura seperti bawang merah. Zaenal juga meminta agar tanaman bawang merah ini nantinya juga bisa dikembangkan di wilayah lain seperti di lereng Merapi, Merbabu, Sumbing dan wilayah lainnya.

“Dinas Pertanian tahun kemarin (2020) telah mengembangkan hampir 92 hektare untuk tanaman bawang merah. Kami berharap kedepan ini bisa dikembangkan secara swadaya oleh kelompok tani untuk menunjang Kesejahteraan, karena harganya pun cukup baik dan bersahabat perkilonya bisa sampai Rp. 18.000,” jelas Zaenal.

Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki Sumar sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan Pemerintah. Melalui bantuan tersebut, Sumar menyebutkan, kelompok tani Sri Rejeki mampu melakukan panen raya bawang merah dengan hasil yang baik dan maksimal.

Sumar menyebutkan pada panen raya ini menghaislkan 21 ton bawang merah untuk per hektar. Kedepanya, kelompok tani yang ia kelola menargetkan 8 hektar lahan untuk dikelola.

“Tentu ini sangat membantu sekali para petani bawang merah di Dusun Dakawu terutama dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Sumar.