SM/Ist : Petani belajar langsung di kolam kecil maupun besar tentang budidaya wader pari.

YOGYAKARTA, SM Network – Ikan wader, salah satu jenis ikan konsumsi favorit masa lalu. Namun keberadaannya kian terancam. Ikan tersebut kini agak susah ditemui di sungai maupun parit di persawahan.

Inilah yang mendorong Tim Gama Wader Fakultas Biologi UGM memberikan pelatihan pembudidayaan ikan wader pari yang memiliki nilai ekonomi tinggi kepada kelompok tani di berbagai wilayah DIY dan Jawa Tengah. Edukasi budidaya ikan wader pari diikuti perwakilan kelompok tani yang tersebar di beberapa daerah seperti Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Klaten.

Pelatihan dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat di KPI Santan Mina Lestari yang berlokasi di Pasar Ikan Segar, Maguwoharjo, Sleman, baru-baru ini, yang mendapat dukungan dari CSR PLN Peduli.

Kepala Program Studi S3 Biologi, Fakultas UGM, Dr Bambang Retnoaji MSc di depan peserta mengatakab pelatihan sebagai bentuk edukasi ke masyarakat terkait budidaya ikan wader pari. Pasalnya, ikan tersebut jarang ditemui padahal kandungan gizinya cukup tinggi dan rasanya juga gurih.

Praktik Pemijahan

Koordinator Tim Gama Wader, Bagas Lantip Prakasa MSc menambahkan pelatihan meliputi penjelasan budidaya singkat wader pari dan praktik penyeleksian atau pensortiran indukan antara yang dewasa dan belum dewasa atau yang subur dan tidak subur.

Tak hanya itu, peserta pelatihan juga belajar pemisahan antara indukan jantan dan betina. Peserta melakukan praktik pemijahan langsung, di kolam pemijahan massal maupun yang di ada bak pemijahan semi massal. Juga praktik pengambilan telur-telur ikan, pemindahan larva wader pari, dan pembesaran wader pari.

”Kami bagikan benih ikan wader usia sebulan kepada seluruh peserta. Semoga petani ikan lebih semangat m mengembangkan wader pari dan dapat disebarkan pada kelompok tani ikan lainnya,” imbuhnya.

Wader dapat dipanen setelah dua hingga tiga bulan. Hasil budidaya ikan wader pari tak hanya dapat dijual berupa ikan mentah tetapi bisa diolah menjadi berbagai produk seperti sambal maupun keripik wader. Dalam budidaya ikan wader pari pihaknya juga menggandeng sejumlah mitra pelaku UMKM untuk pengolahan hasil panen ikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here