Kedua Pasangan Bakal Calon Harus Perbaiki dan Lengkapi Dokumen

MAGELANG, SM Network – Kedua pasangan bakal calon di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020 harus memperbaiki dan melengkapi dokumen persyaratan calon. Hal ini berdasarkan penelitian keabsahan dokumen persyaratan calon oleh KPU Kota Magelang yang disampaikan, Senin (14/9). 

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron mengatakan, setelah melakukan penelitian keabsahan dokumen persyaratan, pihaknya menyatakan dokumen persyaratan masing-masing calon masih perlu diperbaiki. Sebab, ada beberapa persyaratan yang kurang dan belum lengkap.

“Waktu perbaikan hingga 16 September. Dokumen perbaikan nanti akan kita verifikasi kembali hingga 22 September 2020,” ujarnya.

Dia menuturkan, hasil verifikasi akan diumumkan pada penetapan pasangan calon nanti. Jika semua perbaikan memenuhi syarat, maka bakal calon akan ditetapkan sebagai calon atau pasangan calon.

“Apabila perbaikan tidak memenuhi syarat, sesuai dengan ketentuan tidak kita tetapkan sebagai pasangan calon,” katanya.

Dari hasil penelitian, kata Basmar, kedua bakal pasangan calon ada yang belum sesuai. Seperti syarat surat keterangan dari pengadilan negeri, tetapi bakal calon mengklaim sedang mengurus tetapi belum jadi. Kemudian ijazah yang seharusnya dilegalisir, belum dilegalisir.

Ada juga semisal penulisan riwayat hidup. Bakal calon menuliskan riwayat hidup tetapi kurang umur dan lain sebagainya. Itu termasuk kekurangan yang perlu diperbaiki.

“Lainnya, ada keterangan dari pengadilan negeri kemarin sudah mengurus tapi belum jadi. Surat keterangannya ada, nah itu kami anggap belum sesuai. Besok pada perbaikan surat dari pengadilan sudah harus ada. Kemudian ijazah belum dilegalisir, kami sampaikan belum sesuai. Dalam perbaikan disampaikan ijazah yang sudah dilegalisir,” jelasnya.

Sementara itu, hasil tes kesehatan dari kedua bapaslon telah memenuhi syarat. Mereka lolos tes kesehatan yang terdiri tes kesehatan secara keseluruhan, tes psikologi, hingga tes bebas dari narkoba.

“Hasil kesehatan memenuhi syarat semua. Termasuk tes bebas narkoba semua memenuhi syarat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan