Kebijakan “New Normal” Harus Perhatikan Pesantren

WONOSOBO, SM Network – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Wonosobo, Muhammad Albar yang juga wakil ketua DPRD Wonosobo menilai, kebijakan “new normal” yang akan diterapkan pemerintah untuk menyelamatkan ekonomi harus perhatikan sektor lain seperti pendidikan terutama pesantren.

“Apabila ini benar-benar dilaksanakan maka tidak bisa hanya diberlakukan untuk sektor perekonomian saja, tapi banyak sektor perlu dipikirkan karena masing-masing sektor saling berhubungan antara satu dengan lainnya, disamping sektor ekonomi yang memang sebagai ketahanan vital masyarakat juga sektor pendidikan yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan pendidikan anak,” tandasnya kepada Suara Merdeka, Rabu (27/5).

Menurutnya, Pesantren yang dikelola secara mandiri oleh Kyai ataupun sekadar Yayasan belum banyak mendapatkan perhatian dari Pemerintah secara terprogram. Meskipun ada ada bantuan, sifatnya hanya simultan. “Saya kira dengan wacana pemberlakuan new normal saatnya pemerintah mulai memikirkan keberadaan pondok pesantren yang keberadaannya masih cukup memprihatinkan. Satu kamar ukuran kecil bisa dihuni oleh santri puluhan yang sama sekali tidak memenuhi standar protokol kesehatan, tempat wudhunya masih berupa kolam yang dipakai beramai-ramai dan tentu belum memenuhi sarat kesehatan,” ujarnya.

Untuk itu, dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19 serta tetap menjalankan roda pendidikan dikalangan pesantren, pemerintah harus serius memperhatikan permasalahan tersebut. Bukan tidak mungkin kebijakan new normal bisa mempercepat penyebaran virus apabila hal itu kurang diperhatikan. “Saya berharap agar pesantren yang bertahun-tahun sudah menjadi ujung tombak dan ujung tombok bagi keberadaan negara dan bangsa ini harus mendapatkan porsi perhatian yang lebih besar dari pemerintah, terlebih wonosobo adalah salah satu kota santri di Jawa tengah,” pungkasnya.


Adib Annas M

2 Komentar

  1. 344073 923203This website is truly a walk-through it actually is the details you wanted concerning this and didnt know who to inquire about. Glimpse here, and you will completely discover it. 454945

  2. 185362 208820Hi there, just became aware of your weblog through Google, and found that its really informative. Im gonna watch out for brussels. Ill be grateful in case you continue this in future. Several individuals is going to be benefited from your writing. Cheers! 567281

Tinggalkan Balasan