Kasus Narkotika, Kades Briyan Kecamatan Ngombol Divonis Tujuh Bulan Penjara

PURWOREJO, SM Network – Setelah melalui beberapa kali sidang, Puji Hermanto, Kepala Desa (Kades) Briyan Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, divonis hukuman 7 bulan penjara, lantaran terbukti bersalah (dakwaan subsider) dalam kasus penyalahgunaan narkotika. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan primer Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni minimal 2 tahun penjara.

Vonis tersebut diputuskan dalam persidangan dengan agenda pembacaan putusan yang berlangsung terbuka dengan sistem peradilan online, Selasa (30/06/2020). Terdakwa didampingi penasihat hukumnya, dengan JPU Dedy Fajar Nugroho. Sementara Majelis Hakim yang diketuai oleh Sutarno.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyebutkan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan pidana penyalahgunan narkotika sebagaimana dalam dakwaan primer JPU. Terdakwa hanya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan satu bagi diri sendiri sebagaimana dalam dakwaan subsider penuntut umum.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 7 bulan,” kata hakim Sutarno.

Diketahui dalam perkara ini JPU menuntut terdakwa dengan dakwaan primer Pasal 112 Ayat (1) dan dakwaan subsider Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga memerintahkan terdakwa menjalani pengobatan dan perawatan rehabilitasi medis dan sosial di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang selama 3 bulan.

“Putusan ini belum mempunyaiputusan hukum tetap selama 7 hari sejak diucapkan putusan ini. Untuk itu, kepada penuntut umum dan terdakwa mempunyai hak apakah menerima putusan ini, mengajukan banding, ataukah pikir-pikir selama 7 hari,” ungkap hakim Sutarno.

Menanggapi itu, JPU menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. “Kami menyatakan banding,” kata JPU Dedy Fajar.

Sementara terdakwa Puji Hermanto menyatakan pikir-pikir. ”Pikir-pikir yang mulia,” katanya.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan