Kapolresta Anggap Tol Trans Jawa Sumbang Kemacetan di Jogja saat Libur Panjang Akhir Tahun

YOGYAKARTA, SM Network- Libur panjang akhir tahun sudah berakhir. Di sejumlah kota terutama yang menjadi tujuan wisata salah satunya Kota Jogja, persoalan kemacetan menjadi hal yang tak terhindarkan saat masa liburan kemarin. Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini pun angkat bicara terkait kemacetan tersebut, dan menurutnya keberadaan jalan tol Trans Jawa secara tak langsung ikut menyumbang kemacetan di Kota Pelajar.

“Adanya tol Trans Jawa bisa menguntungkan, bisa tidak,” kata Armaini, kemarin.Menurut dia, adanya jalur Trans Jawa secara tak langsung memberikan efek semua kendaraan bermotor seperti mobil dan bus masuk ke Jogja.”Adanya tol di jalur utara itu efeknya semua kendaraan mobil dan bus itu tumplek blek di Jogja.

Semua abjad plat mobil itu ada di Jogja (saat liburan),” tutur perwira menengah polisi dengan tiga melati dipundaknya tersebut. Karena timbul kemacetan, lanjut Kapolresta, maka pelanggaran lalu lintas pun juga tak terhindarkan. Dia pun menegaskan bahwasanya setiap pengguna jalan tidak boleh menganggap enteng dalam berkedisiplinan berlalu lintas.

“Sebab data pada 2018, ada 22 yang MD (meninggal dunia) lalu 2019 itu 21 MD. Memang jumlahnya turun, tapi tak signifikan. Berarti banyak yang masih harus dibenahi, termasuk banyak tantangan yg harus kami kerjakan. Kecelakaan lalu lintas berawal dari pelanggaran lalu lintas,” jelas dia.

Terkait kemacetan di masa liburan Kapolresta meminta sebagai tuan rumah yang baik, seluruh warga Jogja tetap ramah dan terbuka menyambut kedatangan para wisatawan.

“Mereka kan ke Jogja bawa rejeki, jadi harus disambut dengan baik pula,” tandas Kapolresta.


(Gading Persada)

Tinggalkan Balasan