Kapolres Magelang Kota Raih Beasiswa Studi MSc di Inggris

MAGELANG, SM Network – Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan mendapatkan kesempatan pendidikan program MSc Criminal Justice and Criminologi, University of Leeds, Inggris melalui jalur beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. AKBP Nugroho menjadi satu-satunya perwira di lingkungan Polda Jawa Tengah yang mendapat kesempatan emas tersebut.

Secara sederhana, keberangkatan Nugroho dilepas oleh keluarga besar Polres Magelang Kota, Selasa (5/1). Turut hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito beserta jajaran personel Polres Magelang Kota. 

Kasubag Humas Polres Magelang Kota, Iptu Suharto mengatakan, AKBP Nugroho menjadi satu-satunya perwira di Jawa Tengah yang menerima beasiswa tersebut. Beasiswa mahasiswa magister dan doktoral ini sendiri hanya meloloskan 4 orang se-Indonesia. 

“Bapak Kapolres Nugroho Ari Setyawan salah satunya yang terpilih. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi institusi Polres Magelang Kota,” ujarnya di sela pelepasan.

Ia menjelaskan, Nugroho sebelumnya mengikuti seleksi secara ketat sejak tahun 2020. Kapolres yang berusia 39 tahun itu mendapat pengumuman bahwa dirinya diterima menjadi mahasiswa di University of Leeds, Inggris untuk gelar master. 

“Sebagai Kapolres Magelang Kota memang sekitar 10 bulan, tapi memang beliau dikenal sebagai pribadi yang sangat rajin belajar. Ada kesempatan ini, beliau langsung mengambilnya,” katanya. 

Pendaftaran beasiswa LPDP Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI ini dibuka mulai Selasa, 6 Oktober 2020 lalu. LPDP membuka dua beasiswa, yakni Beasiswa Pendidik dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). 

Mengutip laman lpdp.kemenkeu.go.id, beasiswa PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor. 

Khusus anggota TNI atau anggota Polri paling tinggi usianya 40 tahun untuk jenjang pendidikan magister dan 45 tahun untuk jenjang pendidikan doktoral. 

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito yang turut hadir mengaku bangga dengan capaian Kapolres Magelang Kota. Dia berharap, sosok Nugroho Ari Setyawan bisa turut mempopulerkan nama Kota Magelang di kancah dunia. 

“Saya titip pesan Pak Kapolres, kenalkan Kota Magelang kepada orang-orang di Inggris, atau yang sedang kuliah di sana. Nanti setelah pandemi ini berakhir, mereka jadi tertarik untuk datang ke Kota Magelang,” ungkapnya.

Ia juga berterima kasih kepada Kapolres karena selama ini senantiasa menjaga kondusivitas daerah dengan baik. Tidak saja urusan kriminalitas, namun intansi Polres Magelang Kota juga mempraktikkan sisi humanis di tengah-tengah masyarakat. 

“Pendekatan yang dilakukan kepolisian luar biasa. Termasuk saat situasi pandemi seperti sekarang, pendekatan persuasif yang selalu dikedepankan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan