Kapolres Cek Kesiapan Sarana Prasarana Pengamanan Pilkada

PURWOREJO, SM Network – Mendekati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Polres Purworejo mengecek kesiapan kelengkapan sarana prasarana untuk pengamanan. Pengecekan dilakukan Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, dalam Apel Gelar Sarana Dan Prasarana Dalam Rangka Kesiapan Operasi Mantap Praja Candi 2020 di halaman Mapolres, Selasa (8/9).

AKBP Rizal Marito mengatakan bahwa apel dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian, diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam mensukseskan pengamanan Pilkada serentak 2020.

Dijelaskan, apel gelar sarana dan prasarana bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dalam penggunaan sarana dan prasarana dinas, baik yang bersifat melekat pada diri personil maupun yang bersifat inventaris dinas, dalam menghadapi Pemilihan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Purworejo.

“Dengan sarana dan prasarana dinas yang ada, diharapkan masing-masing personil siap melaksanakan pengamanan pesta demokrasi yang direncanakan berlangsung pada 9 Desember 2020,” katanya.

Polres Purworejo sendiri akan mengerahkan dua pertiga kekuatan, yakni sekitar 530 personil, yang akan melakukan pengamanan hingga proses Pilkada selesai. Mengenai potensi konflik, menurut Kapolres, sejauh ini kondisi di Purworejo aman.

“Bahkan kami menjamin bahwa pelaksanaan Pemilukada di Purworejo harus aman,” tegasnya.

Kapolres juga menegaskan netralitas Polri dan TNI walaupun di Purworejo ada bakal calon bupati maupun wakil bupati yang berlatar belakang TNI dan Polri. “Seratus persen kami jamin Polri TNI netral walaupun ada calon dari TNI maupun Polri. Kalau ada personil yang tidak netral pasti ada sanksi yang tegas,” katanya.

AKBP Rizal Marito juga mengharapkan masyarakat maupun bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Wakil Bupati untuk menjaga situasi di Purworejo agar tetap kondusif. “Bagi masyarakat dan pasangan calon untuk sama-sama menjaga. Walaupun sedang berkompetisi masing-masing memiliki pendukung, tapi harus menjaga situasi tetap kondusif,” imbuhnya.

Apel Gelar Sarana dan Prasarana Dalam Rangka Kesiapan Operasi Mantap Praja Candi 2020 yang sekaligus dirangkai dengan Penyerahan Piala Serta Penghargaan Kampung Siaga Candi 2020 tersebut dihadiri antara lain oleh Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, Kajari Purworejo DB Susanto, Ketua PN Sutarno, Wakil Ketua DPRD Yophi Prabowo, Sekda Said Romadhon, serta beberapa pejabat terkait.

Tinggalkan Balasan