YOGYAKARTA, SM Network- Kepala Polisi Daerah (Kapolda) DIY Irjen Pol Asep Suhendar memimpin langsung aksi penyemprotan disinfektan massal di seluruh penjuru provinsi tersebut, kemarin. Aksi serentak di seluruh Indonesia ini dilakukan dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang makin masif menyebar di Tanah Air.

“Ini juga bagian dari tugas Operasi Aman Nusa II Progo Tahun 2020,” tegas Kapolda disela-sela memantau penyemprotan, Selasa (31/3).

Menurut jenderal bintang dua tersebut, penyemprotan disinfektan dilakukan massal sebagai bentuk mendukung keselamatan masyarakat sehingga diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisasi tingkat penyebaran Covid-19.

“Seluruh fasilitas kendaraan dinas yang kami miliki seperti 3 Armored Water Cannon (AWC) dari Satuan Brimob dan 2 AWC Direktorat Samapta. Lalu 1 kendaraan modifikasi Direktorat Polairud,  kemudian 2 Double Cabin modifikasi Satuan Brimob dikerahkan. Modifikasi kendaraan dinas tersebut dibuat agar dapat digunakan menyemprot disinfektan secara luas di wilayah DIY,” papar Asep.

Diawali apel persiapan penyemporatan oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol Karyoto, tim mulai bergerak sejak pukul 09.00 ke lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.  Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto setidaknya ada delapatn tim yang menyasar delapan rute. Tim pertama dengan AWC Brimob menyemprot di Jalan Abu Bakar Ali, hingga simpang empat SGM. Lalu tim kedua dengan AWC juga mengambil start di Jalan Abu Bakar Ali dan berakhir di simpang empat Blok O. Kemudian tim bergerak dari Mapolda DIY hingga berakhir di Gamping.

Adapun tim lima dari kawasan Lottemart dengan finish di Prambanan. Serta tim enam dengan kendaraan modifikasi Polair menyemprot dari Condongcatur hingga simpang empat UIN, dilanjut tim tujuh menyemport dari Pos Polisi Demangan hingga Demak Ijo dan tim terakhir dengan menggunakan kendaraan modifikasi double cabin menyemprot dari Jombor menyusuri Jalan Magelang dan berakhir di Jalan Tentara Pelajar.

“Selain 8 rute yang dilakukan oleh Polda DIY tersebut masing – masing Polres jajaran Polda juga melakukan penyemprotan di wilayahnya dengan bersinergi dengan TNI, Pemda dan relawan,” tambah Kabid Humas. 

Selain penyemprotan, lanjut Yuliyanto, personel kepolisian lainnya mulai dari Lalu Lintas, Pembinaan Masyarakat, Kedokteran Kesehatan juga terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 ini.


Gading Persada