Kantor Inspektorat Kebumen Bak Gedung Putih

KEBUMEN, SM Network – Kantor Inspektorat Kebumen di Jalan Arungbinang, yang baru diresmikan bak atau seperti Gedung Putih. Bupati Yazid Mahfudz yang meresmikanya berharap dengan diresmikannya kantor itu dapat menjadi spirit baru untuk meningkatkan kinerja pegawai dan optimisme dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

“Semoga kantor Inspektorat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terutama dalam pengawalan dana desa dan pengelolaan keuangan Kabupaten Kebumen. Sehingga Kabupaten Kebumen mampu untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK,” ujarnya.

Kepala DPUPR Kabupaten Kebumen Haryono Wahyudi, menjelaskan Kantor Inspektorat dibangun dengan dana APBD 2020 senilai Rp 4,8 miliar. Kantor yang semula kecil itu disulap menjadi Gedung Putih yang megah dengan luas bangunan dua lantai, untuk lantai satu 536 m2, lantai dua 476 m2.

Kantor Inspektur merupakan pekerjaan yang paling awal dilelang sebelum tahun anggaran berjalan. Yakni pada Desember 2019 lalu. Sehingga bisa dikerjakan mulai April 2020 dan pekerjaan fisik selesai pada 28 Oktober 2020. “Ini adalah satu-satunya pekerjaan fisik yang tidak terkena rasionalisasi anggaran karena Covid-19. Karena lelangnya dilakukan sebelum tahun anggaran berjalan,” kata Haryono Wahyudi.

Konsep desain Kantor Inspektorat Kebumen itu didasari pertimbangan agar menjadi kantor yang berwibawa. Ide awal pemilihan gedung warna putih itu dari Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kebumen Sukamto yang juga bergelar magister teknik perencanaan kota UGM. Sedangkan untuk desain dilakukan konsultan.

Sekretaris Inspektorat Sukamto menjelaskan filosofis warna putih pada kantor baru itu sesuai tupoksi Inspektorat. Yakni pihaknya harus mewujudkan good and clean government. “Clean atau bersih direpresentasikan warna putih. Putih juga berarti warna kejujuran,” terang Sukamto. Dikatakan, kejujuran bagian dari integritas yang penting.

Saat ini jumlah staf Inspektorat Kebumen 41 orang. Idealnya minimal 85 orang, sehingga masih kurang. Pihaknya pun sedang berbenah, mulai dari penataan gedung serta SOTK yang akan diperkuat dengan menambah satu Inspektur pembantu khusus/investigasi.

Fasilitas yang disediakan di kantor tersebut, lantai satu untuk ruang tamu yang nyaman, resepsionis, ruang konsultasi bagi OPD dan desa, ruang sekretariat dan ruang para Irban. Lantai dua ruang inspektur, ruang sekretaris, ruang rapat sedang, dan aula besar ukuran 17 x 15 meter.

Tinggalkan Balasan