Kadus Sambeng Tewas Tertimbun Longsor

WONOSOBO, SM Network – Sebuah tebing setinggi 15 meter dengan lebar 25 meter yang berada di Dusun Sambeng, Desa Sukoreno, Kecamatan Kaliwiro menewaskan satu korban. Suparman (55) Kepala Dusun (Kadus) setempat tewas setelah tertimbun material longsor selama beberapa jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Zulfa Akhsan mengatakan, longsor terjadi Rabu (19/2) sekitar pukul 08.00. Informasi adanya longsoran yang menimbulkan korban bermula dari laporan Isteri korban yang saat itu mencari korban karena ada rapat di desa.

Meski telah dicari dan di umumkan melalui pengeras suara, korban tidak kunjung pulang sehingga korban di cari di kebun. Namun, tebing di kebun korban telah longsor dan ditemukan sandal milik korban di dekat material longsoran.

“Sekitar pukul 14.00 korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Jenazah korban langsung diserahkan ke keluarga. Keluarga sudah ikhlas dan menolak untuk di otopsi karena diyakini korban meninggal karena longsor dan segera akan merawat pemakaman sebagaimana mestinya,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, turut berduka cita dan semoga kejadian serupa tidak terulang kembali. Masyarakat juga diimbau untuk tidak mengambil risiko yang bisa berakibat fatal. Jauhi aktifitas yang membahayakan seperti bekerja di dekat tebing yang mudah longsor ketika musim hujan.

Danramil 11/Kaliwiro Kapten Inf Kusno Miharto mengatakan, proses pencarian korban dilakukan oleh tim gabungan dari Kodim, Polres, BPBD dan masyarakat Desa Sukoreno. Berkat kerja keras dan kerja sama yang baik korban tanah longsor, korban dapat ditemukan walaupun kondisinya sudah meninggal dunia.

Dengan kejadian tersebut Danramil mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat saat ini cuaca masih sering hujan dengan intensitas tinggi.

“Kita harus selalu peduli dengan lingkungan sekitar. Yang perlu diwaspadai adalah jika ada saluran air yang tersumbat maka itu merupakan salah satu penyebab terjadinya genangan air yang membuat tanah mudah longsor,” imbaunya.


Adib Annas M

Tinggalkan Balasan