Jumlah Positif Covid-19 Melonjak Temanggung Belum Akan Mengajukan PSBB

TEMANGGUNG, SM Network – Kendati jumlah warganya yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 32 orang, namun sampai saat ini Pemkab Temanggung belum akan mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selain itu, juga belum akan dilakukan pembatasan masuk daerah.
Ada langkah yang akan ditempuh pemerintah, yakni dengan cara mendisiplinkan masyarakat.

“Sejauh ini kita belum berpikir untuk menerapkan atau mengajukan PSBB di Kabupaten Temanggung, kita masih ingin mendisiplinkan masyarakat. Kalau semua masyarakat disiplin pada protokol pencegahan Covid-19, maka penularan dan penyebaran virus itu bisa dihindari,”ujarnya kemarin.

Langkah ke depan yang akan ditempuh adalah dengan mengggerakkan kembali kampanye penegakkan disiplin protokol pencegahan Covid-19. Semua elemen diminta untuk lebih aktif mendukung upaya ini, dengan target penyadaran masyarakat.

“Para camat setiap hari terus melakukan patroli ke masjid-masjid juga masyarakat yang pada nongkrong, pada kumpul-kumpul semua dipatroli untuk menegakkan disiplin pencegahan COVID-19. Sekali lagi kalau masyarakat disiplin saya yakin penyebaran Covid-19 di Kabupaten Temanggung bisa kita hindari,” katanya.

Sampai Kamis (7/5), di Kabupaten Temanggung terdapat total 36 orang positif, namun 4 di antaranya sudah sembuh, sehingga saat ini masih ada 32 orang dinyatakan positif corona. Dari jumlah itu 24 kasus merupakan transmisi luar lalu 8 lainnya transmisi lokal. Jumlah total pasien dalam pengawasan (PDP) ada 108 orang, 9 orang meninggal 55 sembuh, dan 44 masih di rawat.

Jika bagi sebagian orang tingginya jumlah penderita korona dianggap mengerikan, namun bagi Hadik justru berpikir sebaliknya. Angka riil yang tercatat menggambarkan sebuah sistem yang benar-benar bekerja, di mana lebih baik tercatat banyak orang ketahuan positif daripada sesungguhnya banyak orang positif tapi tidak diketahui atau tidak terdeteksi. Sebab jika tidak terdeteksi dampak ke depannya justru akan lebih berbahaya.


Raditia Yoni Aria

Tinggalkan Balasan