ILUSTRASI MUDIK

PURWOREJO, SM Network – Keputusan pemerintah untuk melarang mudik nampaknya belum berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pemudik di daerah yang semakin meningkat. Kenaikan jumlah pemudik juga selaras dengan pertumbuhan kasus positif Covid-19 yang terus meningkat di Kabupaten Purworejo.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Bambang Gatot Seno Aji, mengungkapkan, hingga akhir pekan kemarin, arus mudik yang memasukan wilayah Purworejo masih cukup ramai. Kondisi ini berdasarkan laporan posko di sejumlah titik perbatasan wilayah milik pemerintah daerah setempat.

“Dalam catatan saya sudah ada 26.000 lebih perantau yang kembali masuk Purworejo,” Bambang Gatot Seno Aji, diwawancarai akhir pekan ini.

Pemudik, lanjut Gatot, masuk Kecamatan Bagelen 955 orang, Kecamatan Banyuurip 2.616, Bayan 119, Bener 434, Bruno 1.832, Butuh 1.293, Gebang 1.270, Grabag 1.819, Kaligesing 1.094, Kemiri 1.574, Kutoarjo 1.912, Loano 1.020, Ngombol 712, Pituruh 1.781, Purwodadi 965, dan Kecamatan Purworejo 1.533 orang.

Gatot menyebutkan, para pemudik tersebut memasuki Purworejo melalui berbagai jalur, baik jalur besar maupun jalur kecil. Saat ini, kata Gatot, hampir seluruh wilayah kecamatan di Purworejo telah kemasukan pemudik. Pihaknya juga memastikan peraturan wajib lapor bagi pemudik telah dilakukan.

“Upaya daerah hanya memantau para pemudik di posko utama yang didirikan di jalur lintas Purworejo-Yogya di Desa Krendetan Bagelen, dari arah barat di SAC Kecamatan Butuh, juga Posko di Kecamatan Pituruh, Bener, dan Kecamatan Kaligesing. Pemudik kebanyakan sudah sadar, begitu datang langsung menuju posko untuk memeriksakan suhu tubuh,” kata Gatot.

Sementara itu, Juru bicara Pemkab Purworejo dalam penanganan Covid-19, dr Darus mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambag seiring dengan bertambahnya pemudik atau pendatang dari luar daerah, khususnya dari wilayah zona merah. Dalam waktu kurang lebih satu bulan (per 26 April 2020), jumlah positif Covid-19 mencapai 23 orang.

“Sebaran kasus positif Covid-19 di Purworejo antara lain di Kecamatan Purwodadi 5 orang, Kecamatan Purworejo 4, Kecamatan Bayan 4, Kecamatan Grabag 2, Kecamatan Banyuurip 2, Kecamatan Bagelen 1, Kecamatan Kemiri 1, Kecamatan Bener 1, Kecamatan Pituruh 1, Kecamatan Kaligesing 1, Kecamatan Loano 1,” katanya.

Heru Prayogo