ilustrasi

MUNGKID, SM Network – Berdasarkan info perkembangan covid-19 di Kabupaten Magelang yang terakhir, tidak ada penambahan terkonfirmasi positif. Meski demikian, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Magelang, Sabtu (9/5) bertambah empat orang. Mereka berasal dari Kecamatan Muntilan, Tegalrejo, Dukun dan Kecamatan Secang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, untuk PDP hingga saat ini berjumlah 24 orang. “Meski hari ini ada tambahan empat orang, namun ada tiga PDP yang membaik atau sembuh. Mereka berasal dari kecamatan candimulyo, secang dan borobudur. Sehingga total PDP yang sembuh hingga saat ini, ada 106 orang,” jelasnya.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), lanjut Nanda, jumlahnya naik dibanding kemarin. Jika kemarin ada 82 ODP, saat ini ada pengurangan tiga orang yang lolos pantau, hanya saja ada penambahan 10 ODP, sehingga jumlahnya menjadi 89 orang. Sedang untuk yang meninggal, jumlahnya masih sama 21 orang dengan 19 PDP dan dua terkonfirmasi positif.

“Untuk orang terkonfirmasi positif, hari ini tidak ada penambahan, masih tetap 30 orang. Dari sebanyak itu, 13 orang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat petugas kesehatan dibantu satgas kecamatan dan desa. Sedang sisanya sebanyak 17 orang. Menjalani perawatan disejumlah rumah sakit. Meliputi RSUD Tidar, RST Soedjono, RSJ Soerojo dan RSUD Muntilan,” papar Nanda.

Dalam kesempatan itu, pihaknya kembali menyampaikan himbauan dari Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama dilingkungan masing-masing. “Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah, memakai masker saat keluar rumah, menunda mudik, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, menunda mudik, konsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.


Dian Nurlita

1 KOMENTAR