Jumat Berkah, Sajian Sayuran Gratis

MAGELANG, SM Network – Inspektorat Kota Magelang memiliki cara unik setiap hari Jumat di masa pandemi Covid-19 ini. Pada hari yang dinamakan Jumat Berkah ini, tersedia beragam sembako dan aneka jenis sayuran segar secara gratis.

Seperti terlihat pada Jumat (26/6), sembako dan sayuran segar tersedia di halama kantor Inspektorat. Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan pun berbondong-bondong menuju kantor yang terletak di kompleks kantor Wali Kota Magelang itu.

Mereka terlihat antusias mengambil beragam sayuran yang disediakan di halaman kantor tersebut. Ada terong, cabai, kobis, kentang, tomat, buncis, seledri, daun bawang, dan sebagainya.

Inspektur Kota Magelang, Sumartono mengatakan, kegiatan ini rutin diadakan sejak kantor Inspektorat pindah pada akhir tahun 2019 lalu. Jika biasanya menyediakan makanan dan minum gratis, kali ini sembako dan aneka sayuran segar.

“Tiap Jumat kami adakan Jumat Berkah, berbagi makanan terutama untuk petugas kebersihan dan lainnya. Setelah pandemi kami ganti dengan sembako. Hari ini kami coba sayuran,” ujarnya, Jumat (26/6).

Dijelaskannya, aneka sayuran ini dibeli dari para petani di sekitar Kabupaten Magelang. Adapun dananya merupakan hasil donasi yang dihimpun dari karyawan Inspektorat setiap hari Kamis.

“Kami ider (mengedarkan, red) kaleng di kantor Inspektorat setiap hari Kamis. Uang yang terkumpul kemudian dibelikan makanan, sembako, dan kali ini untuk beli sayuran. Kami juga ingin membantu para petani,” katanya.

Sumartono mengaku, tidak menyangka ternyata antusias karyawan Pemkot luar biasa. Sejak pagi sudah menyerbu mengambil sayuran. Harapan ke depan kegiatan ini terus rutin digelar, tak hanya sayuran tapi juga komoditas lainnya.

“Di sisi lain, kami berharap, kegiatan ini menjadi inspirasi bagi siapapun untuk senantiasa berbagai terhadap sesama apapun bentuknya,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Magelang Taufiq Nurbakin menyambut baik kegiatan “Jumat Berkah” yang diadakan Inspektorat ini. Kegiatan ini bisa menjadi inspirasi dan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (ODP) lainnya.

“Inspirasi yang bagus, biasanya makanan tapi kali ini sayuran. Ini bsa diiukuti OPD yang lain juga dengan kreativitas masing-masing,” ungkapnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan