SM/Arif Widodo - SERAHKAN SANTUNAN : Ketua JPKP Kebumen Rizal Kusnadi menyerahkan santunan kepada anak yatim di Rumah Makan Lesehan Bali Good Bli Ketut, Kebumen, Minggu (2/5).

KEBUMEN, SM Network – Jaringan Pendamping Kebijakan dan Pembangunan (JPKP) Kebumen memberikan santunan kepada anak yatim dengan berbagai rangkaian kegiatan sosial liannya, Minggu (2/5).

Kegiatan yang dipusatkan di Rumah Makan Lesehan Bali Food Bli Ketut, Desa Jatisari, Kecamatan / Kabupaten Kebumen itu berlangsung semarak dengan diawali pemotongan tumpeng saat berbuka puasa. Kali ini yang mengusung tema “Ramadan Berkah dengan Sedekah”, menggandeng komunitas Kebumen Kompak, Cingire dan Gercin (Gerakan Cinta Indonesia).

Hadir perwakilan dari Dinsos Kebumen Birowo, Ketua JPKP Rizal Kusnadi, tim Cingire, Ketua Gercin Kebumen Retno Dwi Sisyanti dan Kepala Desa Jatisari Muslichudin yang mengapresiasi gelaran tersebut.

Birowo yang membacakan sambutan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menyebut Ramadan menjadi golden momen (kesempatan emas) untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya serta mencapai derajat takwa. “Untuk mencapai hal tersebut dengan cara bersedekah, menahan amarah, memaafkan dan berbuat baik,” tuturnya.

Kegiatan yang dilakukan JPKP kali ini pun sebagai golden momen. Dan pemkab Kebumen sendiri juga memiliki program pemberian beasiswa dan subsidi bagi anak yatim, bapak asuh untuk santri serta insentif bagi guru PAUD hingga SMP.

Ketua Panitia Ni Made Aryani menyampaikan rangkaian kegiatan JPKP berbagi bersama Kebumen Kompak, Cingire dan Gercin dimulai sejak tanggal 15 April berupa bazar seribu sembako, dilanjutkan bakti sosial (Baksos) di Desa Winong, Kecamatan Mirit kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), kemudian bersih lingkungan dan sosialisasi program.

“Kegiatan tersebut bisa terselenggara tentu berkat dukungan dari berbagai pihak,” jelas Aryani yang juga pengelola Rumah Makan Lesehan Bali Food Bli Ketut itu.

Salah satu perwakilan tim Cingire, Aang yang diikuti sambutan dari PDIP Kecamatan Ayah, Radi dan Ketua Gercin Kebumen Retno Dwi Sisyanti mengaku mensupport penuh kegiatan dari awal hingga akhir. Tidak lain sebagai ajang silaturahmi sekaligus wujud kepedulian terhadap sesama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.