SM/Asef F Amani - CAIRAN PEMBERSIH: Siswi SMK Citra Medika Kota Magelang berkutat dengan bahan-bahan pembuat cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di laboratorium sekolah.

SM Nerwork – Mengikuti imbauan dari organisasi kesehatan dunia atau WHO, Presiden Joko Widodo mengimbau seluruh masyarakat untuk menggunakan masker. Penggunaan ini terkait pandemik virus corona atau covid-19.

Dengan penggunaan masker, diharapkan penyebaran virus mematikan ini bisa ditekan. Terutama masyarakat yang hendak ke luar rumah, untuk melakukan aktivitas atau sekadar memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” kata Presiden Jokowi, dalam pembukaan rapat kabinet terbatas melalui video conference, Senin 6 April 2020.

Dengan imbauan itu, maka ketersediaan masker di pasar harus dipenuhi. Jokowi meminta agar betul-betul disiapkan. Sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan masker.

Di awal, pemerintah juga mengikuti imbauan WHO bahwa yang mengenakan masker adalah mereka yang sakit. Tetapi, melihat situasi yang berkembang saat ini, penggunaan masker sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh semua masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

“Karena di awal WHO menyampaikan dulu bahwa yang memakai masker itu hanya yang sakit, yang sehat enggak. Sekarang enggak, semua yang keluar rumah harus pakai masker,” katanya.


SM Network/Viva

1 KOMENTAR