Jelang Pilkada, Bawaslu Pantau Kegiatan ASN

MAGELANG, SM Network – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang memantau kegiatan aparatur sipil negara (ASN) menjelang gelaran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, September 2020 mendatang. Hal ini tak lepas dari kemungkinan terjadi keterlibatan ASN dalam Pilkada tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu saat rapat koordinasi mitra kerja di Atria Hotel Magelang. Menurutnya, pelibatan ASN dalam pelaksanaan Pemilu mungkin terjadi, meski sudah ada rambu-rambunya tentang netralitas ASN.

“Semua kemungkinan ada, apalagi di Kota Magelang. Kita tahu bahwa, ada salah satu bakal calon yang berasal dari kalangan ASN. Sampai belum ditetapkan, maka status masih ASN dan belum mengundurkan diri. Karena itu, kita lakukan pemantauan,” ujarnya.

Ibu yang akrab disapa Yayuk itu mengaku, sampai saat ini pihaknya masih hanya sebatas memantau dengan memasang mata dan telinga terhadap setiap kegiatan ASN. Meski pemantauan ini tidak seperti pengawasan dalam Pemilu.

“Sebatas memantau saja, mencermati kegiatan-kegiatan yang melibatkan mobilisasi ASN. Kita pasang mata dan telinga, termasuk melibatkan tenaga seperti PPL serta pengawasan partisipatif. Belum sampai kita semprit kalau ada kegiatan yang offside, karena hita hanya ingatkan saja,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, untuk menghindari adanya keterlibatan ASN sejak dini dalam Pemilu mendatang, diperlukan upaya-upaya pencegahan secara massif. Pihaknya pun telah sejak jauh-jauh hari memberikan surat edaran kepada Pemkot Magelang tentang netralitas ASN.

“Kita sudah kirim surat himbauan ke Pemkot Magelang. Pertama terkait larangan mutasi jabatan 6 bulan sebelum penetapan paslon dan kedua himbauan tentang keterlibatan ASN dalam kegiatan Paslon Petahana. Termasuk kita sosialisasi Pasal 71 UU 10 Tahun 2016, yakni netralitas ASN,” ungkapnya.


Asef F Amani

2 Komentar

  1. 754401 934283Normally I try and get my mix of Vitamin E from pills. While Id truly like to through a amazing meal plan it can be rather hard to at times. 944857

  2. 114981 586030I believe this is one of the most significant info for me. And im glad reading your write-up. But want to remark on some common items, The web website style is perfect, the articles is actually fantastic : D. Great job, cheers 353387

Tinggalkan Balasan