Jelang Pencalonan, Bawaslu Beri Imbauan Ini ke KPU dan Parpol

SLEMAN, SM Network – Tahap pendaftaran pasangan calon Pilkada 2020 akan berlangsung pada Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9). Untuk mengantisipasi potensi kerawanan, Bawaslu Kabupaten Sleman telah mengirim surat imbauan kepada KPU dan partai politik.

Imbauan bagi KPU, menurut Ketua Bawaslu Sleman Abdul Karim Mustofa, setidaknya ada dua hal. Pertama, pelaksanaan penerimaan pendaftaran dan tahapan yang menyertainya harus sesuai dengan aturan. “Seperti halnya waktu tepat tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020, sebagaimana PKPU Nomer 5 Tahun 2020 tentang tahapan,” jelas Karim, Rabu (2/9).

Pihak penyelenggara Pemilu juga diingatkan soal penerapan protokol kesehatan saat melakukan penerimaan berkas dokumen. Sementara kepada parpol, diimbau agar menepati waktu pendaftaran yang sudah ditetapkan serta membawa dokumen atau berkas pencalonan yang lengkap dan sah.

Saat mendaftar, paslon maupun simpatisannya harus memenuhi protokol pencegahan Covid-19. Dari hasil pemetaan Bawaslu, ada beberapa kerawanan yang berpotensi muncul saat tahap pencalonan. Diantaranya pendaftaran dilakukan di akhir batas waktu, berkas tidak lengkap, serta tidak transparan dan akuntabel dalam verifikasi syarat.

“Parpol mendaftarkan calon lebih dari satu pasangan atau dukungan ganda juga perlu diantisipasi kerawanannya, disamping dualisme kepengurusan partai dan adanya mahar politik,” beber Karim.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah perbedaan pandangan dalam memahami aturan perundangan antara penyelenggara pemilu, serta pelaksanaan tahapan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Selain itu kerawanan juga bisa muncul apabila ditemukan dokumen pencalonan yang tidak sah. “Masukan dan tanggapan dari masyarakat juga harus ditindaklanjuti, jika tidak ingin ambil resiko kerawanan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan