Jelang Lebaran, Pasar Beringharjo Masih Sepi

YOGYAKARTA, SM Network – Enam hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, suasana belanja di Pasar Beringharjo masih lengang. Saat Suara Merdeka singgah memantau, khususnya dari ujung timur yakni los sayuran hingga ujung barat lapak-lapak pedagang pakaian di lantai dua kemudian di lantai satu bagian muka yang biasa dikerumuni pembeli ini tampak sepi.

Sebagian lapak pedagang tetap buka, namun hanya beberapa pembeli yang terlihat melakukan aktivitas berbelanja. Pedagang pakaian, Yanti (47) mengisahkan pasar ini selalu sesak oleh pembeli pada tahun-tahun sebelumnya saat ramadan tiba. “sejak corona, semakin ke sini semakin sepi” ujarnya.

SM/Dananjoyo Kusumo – SEPI : Wajah Pasar beringharjo Jogjakarta

Yanti menambahkan, saat ini setiap hari hanya laku 1 hingga 2 potong pakaian. “hingga siang ini saja buat dasaran belum ada alias belum laku” tambahnya.

Menurutnya omsetnya turun drastis, biasanya setiap hari mencapai 3 sampai 4 juta. “sepi itu masih dapat Rp500 ribu hingga Rp1 juta” kenangnya. Hal senada juga diceritakan salah satu buruh gendong di Pasar Beringharjo, Mandes (75), yang masih menunggu pembeli dengan sabarnya, karena hingga siang hari belum mendapat order gendong barang dagangan dari pembeli.

“sering sehari ga gendong sama sekali, kalau dulu sehari bisa empat kali gendong” tukasnya. Berbeda dengan Rumingsih (47), Ia dapat menjual 3 hingga 4 potong pakaian, sementara jika akhir pekan hingga 10 potong. “masih disyukuri keadaan ini, alhamdulillah” katanya.

SM/Dananjoyo Kusumo – SEPI : Wajah Pasar beringharjo Jogjakarta

Guna menambah pendapatan, Ia pun mensiasati dengan menjual secara daring. “pasti ada yang tetap butuh belanja tapi tidak sempat ke pasar, tidak hanya pakaian, apa aja saya jual, hingga sembako saya jual” pungkasnya.

Sementara itu suasana pasar telah sesuai dengan protokol kesehatan, di beberapa titik di pintu masuk pasar telah disediakn pencuci tangan. Garis pembatas pembeli dengan pedagang menggunakan tali juga dipasang serta anjuran untuk tetap jaga jarak dan mengenakan masker.


Dananjoyo Kuumo

1 Komentar

  1. 245875 768482Pretty part of content material. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I get in fact loved account your weblog posts. Any way Ill be subscribing on your feeds or even I success you access constantly rapidly. 391934

Tinggalkan Balasan