Jalan Penghubung Dua Desa Diperlebar

WONOSOBO, SM Network – Jalan tani penghubung dua desa yaitu Desa Kalimendong menuju Desa Durensawit diperlebar, Senin (22/6). Jalan yang semula memiliki lebar 1,5 meter diperlebar menjadi 3 meter untuk memudahkan akses petani dalam menjalankan roda perekonomian merekan.

Danramil Koramil 13/Leksono Lettu Inf Salman yang juga turut melaksanakan karya bakti pelebaran jalan mengatakan, Jalan Usaha Tani merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Akses jalan yang kurang memadai membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian terhambat karena waktu banyak terbuang di jalan.

“Pada saat musim panen tiba petani selalu terkendala oleh jalan,sering kali petani harus bersusah payah melalui jalan yang kurang layak dalam mengangkut hasil panen. Apalagi untuk wilayah Kalimendong dan Durensawit terkenal sebagai sentra penghasil salak pondohnya,” jelasnya.

Letti Inf Salman menjelaskan, dengan diperlebar kini jalan penghubung dua desa tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Dengan pelebaran tersebut juga bisa mengehmat biaya produksi petani daerah setempat. “Nantinya jika jalan sudah jadi maka para petani bisa dengan mudah membawa pupuk dan hasil pertanian dengan cepat dan dalam jumlah yang cukup banyak. Ini tentu sangat meringankan para petani. Bisa menghemat waktu dan biaya angkut. Sehingga bisa menambah pendapatan para petani dan pada akhirnya petani menjadi lebih sejahtera,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kalimendong, Sugito mengatakan, dalam pelebaran jalan dilakukan secara gotongroyong oleh masyarakat. Selain dari masyarakat, juga ada dari personil TNI Koramil Leksono yang ikut membantu dalam melaksanakan kegiatan tersebut.


Adhib Annas M/dib

Tinggalkan Balasan